PERANCANGAN MOTIF IKAN CUPANG HIAS PADA TEKSTIL BESERTA BRANDINGNYA

Olivia Tanamal(1*), Listia Natadjaja(2), Mendy Hosana(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Industri tekstil Indonesia merupakan industri yang memiliki peran penting dalam perekonomian negara dan peran desain sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya saing. Salah satu aspek desain yang dapat diolah ialah desain motif kain. Dan diangkatnya ikan cupang hias menjadi objek desain sangat menarik karena merupakan salah satu kekayaan alam dalam negeri yang juga sangat diperhatikan pemerintah. Data-data dikumpulkan dan dianalisa dengan metode analisis deskriptif kualitatif kemudian terciptalah delapan desain tekstil bermotif ikan cupang hias yang terdiri dari empat jenis ikan cupang. Semua desain kemudian dibranding agar memiliki identitas dan siap bersaing di pasar. Hasil perancangan ini ialah terbentuknya tekstil bermotif ikan cupang hias yang dikemas sedemikian rupa sehingga menarik secara visual dan juga turut memperkenalkan dan mempromosikan keindahan ikan cupang hias.


Keywords


Desain motif, tekstil, kain, ikan cupang, branding

Full Text:

PDF

References


Affendi, Y., Noor, M., & Hasanudin. (1991). Flora dan Fauna dalam Desain Tekstil Modern Indonesia. Jakarta: Himpunan Wanita Karya.

Aaker, D. A. (1996). Building Strong Brands. New York: The Free Press.

Carter, D. E. (1991). Designing Corporate Identity Programs for Small Corporations. New York: Art Direction Books.

Desain Up To Date, Pasar Ekspor Tekstil Terbuka Lebar. (2015). Retrieved March 8, 2016 from http://poskotanews.com/2016/01/23/menperin-industri-tekstil-berkontribusi-besar-pertumbuhan-ekonomi/.

Firmanzah. (2015). Desain Produk dan Value-Based-Economy. Retrieved March 8, 2016 from http://nasional.sindonews.com/read/961849/18/desain-produk-dan-value-based-economy-1423455071.

Fish, June. (2005). Designing and Printing Textiles. Wiltshire: The Crowood Press Ltd.

Gereffi, G. (2002). Outsourcing and Changing Patterns of International Competition in the Apparel Commodity Chain, Paper presented at the conference on Responding to Globalization: Societies, Groups, and Individuals. Retrieved March 4, 2016 from http://www.colorado.edu/ IBS/PEC/gadconf/papers/gereffi.pdf.

Gunawan, Belinda. (2012). Kenali Tekstil. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat.

Keller, K. L. (2003). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand equity (3rd ed.). New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Lukita, B. M. (2009). Ikan Cupang, Keunggulan Yang Terabaikan. Retrieved December 2, 2015 from http://sains.kompas.com/read/2009/09/29/ 07571177/ikan.cupang.keunggulan.yang.terabaikan.

Menperin:Industri Tekstil Berkontribusi Besar Pertumbuhan Ekonomi. (2016). Retrieved March 8, 2016 from http://poskotanews.com/2016/01/23/ menperin-industri-tekstil-berkontribusi-besar-pertumbuhan-ekonomi/.

Murphy, J. & Rowe, M. (1993). How to Design Trademarks and Logos. Ohio: Northlight Books.

Rahman, M.R. (2013). Potensi Ekspor Ikan Hias Indonesia Rp600 miliar. Retrieved March 15, 2016 from http://www.antaranews.com/berita/ 370499/potensi-ekspor-ikan-hias-indonesia-rp600-miliar.

Rangkuti, F. (2004). The Power of Brands. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, S. (2011). Mendesain Logo. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Schultz, D. E. & Barnes, B. E. (1999). Strategic Brand Communication Campaigns. Illinois: NTC Business Book.

Shimp, T. A. (2004). Promotion Management and Marketing Communications. USA: The Dryden Press.

Sidharta, E. P. & Sitanggang, M. (2009). Mencetak Cupang Jawara Kontes. Jakarta: PT Agromedia Pustaka.

Soehadi, A. W. (2005). Effective Branding : Konsep dan Aplikasi Pengembangan Merek Yang Sehat dan Kuat. Bandung: Quantum Bisnis dan Management.

Wheeler, A. (2006). Designing Brand Identity : A Complete Guide to Creating, Building, and Maintaining Strong Brands. New Jersey: John Wiley&Sons, Inc.

Willbank, A. (2009). The Importance of Textiles. Retrieved March 7, 2016 from http://www.textilefabric.com/site/main/articles.php?id=26.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.