Perancangan Redesain Kemasan Makanan Ringan Roti Kecik Merk Ganep's sebagai Buah Tangan Khas kota Surakarta.

Dessy Octavia Widjaya(1*), Elisabeth Christine Yuwono(2), Bambang Mardiono(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) Institut Teknologi 10 November Surabaya
(*) Corresponding Author

Abstract


Perusahaan Ganep’s sudah berdiri sejak tahun 1881, dengan produk awal mereka yaitu Roti Kecik yang hingga kini menjadi produk unggulan mereka. Perusahaan ini jugalah yang menciptakan Roti Kecik pertama kalinya. xsBeberapa makanan yang turut dijual berasal dari UKM yang berada di kota Surakarta. Permasalahannya ada di desain kemasan yang terlalu berbeda beda, sehingga kurang menunjukkannya identitas dan keseragaman dari perusahaan ini, selain itu kemasan tersebut kurang menunjukkan kota Surakarta. Akibatnya, kemasan yang dihasilkan kurang menunjukkan ciri khas kota Surakarta, untuk itu perlu dilakukan redesain kemasan yang sesuai dengan standard kemasan, berkonsep dan memiliki identitas yang kuat.

Keywords


Perusahaan Ganep’s, Kemasan, Identitas, Surakarta

Full Text:

PDF

References


BPOM (2007). Bijak dalam Menggunakan Kemasan Pangan. Retrieved Maret 12, 2016fromhttp://www.pom.go.id/mobile/index.php/view/berita/174/Bijak- dalam-Menggunakan-Kemasan-Pangan.html

Cenadi, C.S. (2000). Peranan Desain Kemasan dalam Dunia Pemasaran. Jurnal Vol.2 (No. 1), pp. 92-94.

Departemen Kesehatan Indonesai (2013). Serba Serbi Kemasan Pangan. Retrieved Maret 29,2016 from http://www.gizikia.depkes.go.id/serba-serbi-k emasan-pangan/

DuPuis, S. & Silva, J. (2008). Package Design Workbook : The Art and Science of Successful Packaging. Masachussetts : Rockport Publishers, Inc.

Hasin, N. (n.d.). Kreatifitas Desain Kemasan, par. 7-9. Retrieved Maret 10, 2016 from http://kemasanukm.id/blog/712-2/

Keller, M. Taute, M. & Capsule. (2012).Design Matters : An Essential Primer. Masachussetts : Rockport Publishers, Inc.

Zuhria, N. F. (2013). Apa itu Layout ?, par. 3. Retrieved Maret 12, 2016 from http://novifairuzzuhria.blogspot.co.id/2013/02/apa-itu-layout.html!


Refbacks

  • There are currently no refbacks.