PERANCANGAN DAUR ULANG CD BEKAS MENJADI PRODUK BARU BESERTA MEDIA PROMOSINYA

Jevon Mark Sutjitra(1*), Obed Bima Wicandra(2), Asthararianty Asthararianty(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Jaman sekarang CD mulai tidak dibutuhkan lagi oleh masyarakat karena ukuran CD yang cukup besar dan kapasitas file yang terlalu kecil. Masyarakat cenderung memilih flashdisk daripada CD karena ukuran kecil tetapi kapasitas file yang lebih besar. Hal ini menyebabkan CD dibuang sia-sia dan menambah pencemaran sampah. Daur ulang merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. CD bekas dapat didesain dan dibuat menjadi suatu karya yang lebih berguna dan menarik, seperti hiasan-hiasan interior yang terlihat berkelas dan minimalis.

Keywords


Lingkungan, sampah, pemanfaatan CD bekas, daur ulang, promosi.

Full Text:

PDF

References


Aaker, David. (1997). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta : Spektrum.

Adnyana, Wayan. (2011). Pengelolaan Sampah. Denpasar : http://prakensa.blogspot.co.id/2013/11/

pengelola-sampah.html

Afrianty. Sampah dan Baunya. Pontianak : Universitas Untan : http://devil88-belajarberbagi.

blogspot.co.id/2010_05_01_archive.html

Alamendah. (1 Juli 2010). 3R (Reuse, Reduce, Recycle) Sampah : http://alamendah.org/2010/07/01/3r-reuse-reduce-recycle-sampah/

Bennet, Peter D. (1995). “Dictionary Of Marketing Terms, Second Edition”. Chicago : American Marketing Association.

EdukasiSpensa. Pengertian dan Tujuan Manajemen Pemasaran : http://www.eduspensa.com/2015/10/

pengertian-dan-tujuan-manajemenpemasaran.html

Handoko, Aran. Karakteristik Media. Yogyakarta : http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Aran%20Handoko,20S.Sn.%20M.Sn./Karakteristik%20Media.pdf

Jati, Pedro. (2 April 2014). “Branding Proccess” : http://www.slideshare.net/pedrojati/tahap-branding

Jefkins, Frank. (1996). Periklanan. Jakarta : PT. Erlangga.

Jefkins, Frank. (2004). Public Relation. Jakarta : PT. Erlangga.

Kevin Lane Keller. (2003). Strategic Brand Manajemen, Second Edition.

Kho, Dickson. (20 Juni 2015). Pengertian 5W1H dan Penggunaannya : http://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-5w1h-dan-penggunaannya/

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Penerbit Prenhalindo.

Majid, Abdul. (30 Juni 2008). Pengertian, Konsep, Definisi Pemasaran : https://majidbsz.wordpress.com/

/06/30/pengertian-konsepdefinisi-pemasaran/

Najmudin, Hilal. (Februari 2016). Permasalahan Sampah di Desa Baleraja : http://kknm.unpad.

ac.id/baleraja/permasalahan-sampah-di-desa-

Baleraja-istilah-sampah-m/

Prasetyo, Sulung. (19 April 2010). Mengelolah Sampah CD : https://jurnalbumi.wordpress.com/2010/04/19/

mengolah-sampah-cd/

Rangkuti, Freddy. (2004). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rangkuti, Freddy. (2009). Measuring Costumer Satisfaction : Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan”. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sebastian, Yoris. (2015). 5W1H. Jakarta : Gramedia.

Tridinews. (15 April 2013). Inilah Dampak Plastik Terhadap Lingkungan : http://www.news.tridinamika

.com/721/inilah-dampak-sampah-plastik-terhadap-lingkungan>

Wiliams, John. (2 Mei 2005). The Basics of Branding : http://www.entrepreneur.com/article/77408

Wiryawan, Mendiola B. (2008). Kamus Brand. Jakarta : Red & White Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.