PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DAN KEMASAN SE’I BABI “KOLHUA” KUPANG

Yolinda Lae(1*), Ahmad Adib(2), Anang Tri Wahyudi(3),


(1) UK Petra
(2) Dekan
(3) Dosen
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan ini bertujuan untuk mendesain sebuah logo dan kemasan untuk sebuah produk yang diberi nama Se’i Babi Kolhua. Maka dirancanglah logo dan beberapa desain kemasan untuk ikut berpastisipasi dalam hari-hari khusus, yang diharapkan mampu membuat Se’i Babi Kolhua cepat dikenal oleh masyarakat lewat keunikannya. Dengan keunikan itu harapannya Se’i Babi Kolhua memiliki keunikan dan daya tarik yang berbeda, sehingga dapat menjadi sarana promosi secara tidak langsung.


Keywords


Perancangan, Kemasan, Identitas Visual, Babi, Hari Penting, Kupang.

References


Berger, Kenneth R. and B. Welt (2002) A Brief History of Packaging. The Agricultural and Biological Engineering Department, Florida Cooperative Service, Institute of Food and Agricultural Sciences, University of Florida.

Dupusi, Steven, John Silva (2008) Packace Design Workbook : The Art & Science of Succesful Packaging. United States: Rockport Publisher.

Fishel, Catharine (2003) Design Secrets : Packaging : 50 Real-Life Projects Uncovered. United States: Rockport Publishers.

Gardner, Bill, Cathrine Fishel (2003) 2000 International Identities by Leading Designers. United States: Rockport Publishers.

Herriot, Luke (2005) 1000 Restaurant Bar & Cafe Graphics : From signage to Logos And Everything in Between. United States: Rockport Publishers.

Klimchuck, Mariane Rosner, Sandra A Krasovec (2007) Desain Kemasan Perencanaan Merek Produk yang berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Lexy J. Moleong (2001) Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Acuan dari forum, diskusi, berita online:

Balmer, J.M.T. (1995), “Corporate branding and connoisseurship”, Journal of General Management VOL 21.22-46 (1995).

http://www.balmer.com/files/documends/sense/23/files/assets/downloads/sense32.pdf>

Cenadi, Christine Suharto, “Corporate Identity, sejarah dan aplikasinya”. Nirmana VOL. 1.2 (Juli 1999)http://dewey.petra.ac.id/dgt_res_detail.php/knokat=2448

Cenadi, Christine Suharto, “Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran”

Nirmana 2.1 (Januari 2000) : 92-103.http://dgi-indonesia.com/wpcpntent/uploads/2009/03/dkv00020203.pdf>


Refbacks

  • There are currently no refbacks.