PERANCANGAN KAMPANYE SOSIAL “KREASI 3D GELATIN ART” SEBAGAI PEMACU KREATIVITAS DAN PENINGKAT NILAI EKONOMI PADA MAKANAN

Cindy Aprillia Chandra Oematan(1*), Petrus Gogor Bangsa(2),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan ini merupakan sarana bagi target audience kelas ekonomi menengah ke bawah dengan latar belakang masalah di bidang ekonomi, seperti tidak ada keinginan untuk meningkatkan perekonomian keluarga, tingginya kebutuhan ekonomi, serta belum ada sarana untuk memacu kreativitas dan meningkatkan nilai ekonomi pada makanan. Perancangan ini menggunakan media kampanye sosial dengan tiga tahap (pra event, event, serta pasca event), dengan menggunakan metode perancangan yaitu studi pustaka, survei, wawancara, dan internet. Melalui perancangan ini, target audience diharapkan mampu mengembangkan kreativitasnya serta memiliki cara pandang baru bagaimana meningkatkan nilai ekonomi makanan yang dapat diwujudkan dengan membuka usaha mandiri.

Keywords


perancangan, games interaktif, event, seni hias makanan, kreativitas.

Full Text:

PDF

References


Antar, Venus (2009). Manajemen Kampanye. Bandung: Simbiosa

Rekatama Media

(Anthony, M. 2010.)

Anthony, M. (2010). The Art and Science of Food Garniture. University of Applied Sciences.

www.theseus.fi/bitstream/handle/10024/33511/Mwangi_Anthony.pdf?sequence=1

Basuki, Heru. Mpsi. (2004). Pengembangan Kreativitas. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=3&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjCmL2pzLXLAhWBKaYKHXApCBEQFggrMAI&url=http%3A%2F%2Fheru.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F2012%2FKreativitas.Doc&usg=AFQjCNEh42JBp7KH5nlRJnBuKwuIWIWh5g&bvm=bv.116573086,d.dGY (10 Maret 2016)

Dale, A. T. (1992). Kreativitas. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

(Hiasan Makanan, 2014)

Deddy M. (2006). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Hiasan Makanan. (2014). Retrieved November, 25, 2015, from https://id.wikipedia.org/wiki/Hiasan_(makanan)

(Iffa, D. 2009). Karya Seni Rupa. Retrieved from http://iffadewi017.blogspot.co.id/2012/07/pengertian-seni-adalah-keindahan-dan.html

(Jitunews, November 25, 2015)

Jitunews, (November, 2015 25) Tutorial Membuat Jelly Art. Retrieved from youtube.com. https://www.youtube.com/watch?v=Z0Rr7-4E8qk

Kamanto Sunarto. (1993). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008). Kampanye. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008). Sosial. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Lydia Elenovia Chandra Santoso. (2013). Perancangan kampanye sosial bagi orang tua tentang bahaya tablet PC bagi anak usia 2 tahun ke bawah. (TA No: 00022252/DKV/2013). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

(Macam-Macam Cabang Seni dan Pengertiannya, April 4, 2013)

Macam-Macam Cabang Seni dan Pengertiannya (2013). Retrieved from

http://artenergic.blogspot.co.id/2013/04/macam-macam-cabang-seni.html

Manfaat Agar-agar untuk Kesehatan, Diet, dan Antioksidan. 2014.

Manfaat Agar-agar untuk Kesehatan, Diet, dan Antioksidan. (2014). Retrieved from

Melinda R. (September 23, 2010)

Melinda R. (2010, September, 23). Kajian Visual Pada Kostum Dan Gerak Tari Kesenian Surak Ibra. Retrieved from http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/466/jbptunikompp-gdl-melindares-23252-6-unikom_m-i.pdf

(Prita K. G. 2014)

Prita K.G. (2014). Kampanye Sosial. Retrieved from http://www.lspr.edu/pritakemalgani/kampanye-sosial/

(Rachel, C. 2016)

Rachel, C. (2016). Art De Gelatin. Retrieved from

http://www.artdegelatin.com/about-us/

Suriya Riski. (2008). Media Untuk Kampanye. https://sur1ya.wordpress.com/catatan-suriya/media-untuk-kampanye/

Rahayu G. (2012). Komunikasi. (TA No: 195009011981032/PSI/2012). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Rahman, Andre. (2008). Kampanye, Untuk Siapa. http://andrerahman.staff.uns.ac.id/2008/09/25/kampanye-untuk-siapa/

Rosady, R. (2005). Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sony, Dharsono K. (2007). Estetika seni rupa Nusantara. Surakarta: ISI Press.

Sesilia F. H. (2013). Segmentasi Pasar Warung Burjo di Kawasan Babarsari Khususnya Daerah Kledokan dan Tambak Bayan. (TA No: 090317651/EKO/2013). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Atma Jaya, Yogyakarta.

Zahroh, Fatimatuz. (2011). Pandangan Keluarga Kelas Sosial Menengah Terhadap Pendidikan Menengah Terhadap Pendidikan Agama Islam di Masyarakat Desa Morocalan Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. http://digilib.uinsby.ac.id/8926/5/bab2.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.