PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI TENTANG HUMOR FENOMENA BELANJA DI SURABAYA

Amanda Lucrecia Sigit Sidharta(1*), Heru Dwi Waluyanto(2), Aznar Aznar Zacky(3),


(1) UK PETRA
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Kartun opini pada perancangan ini digunakan sebagai media penyampai pendapat dan kritikan tentang belanja berlebihan secara humor, serta juga dapat digunakan sebagai hiburan. Oleh karena itu, buku ilustrasi ini dibuat untuk menginspirasi masyarakat khususnya, wanita muda, mahasiswa, dan ibu muda agar menyadari dampak yang berimbas pada dirinya apabila belanja terlalu berlebihan atau membeli barang tidak sesuai dengan kebutuhannya.


Keywords


Ilustrasi, Humor, Belanja Berlebihan, dan Kartun Opini.

Full Text:

PDF

References


Anjani, Rahmi. (2016, April 10). Jangan Ditiru, Pamer Barang Curian Branded Tengah Tren di Media Sosial. Wolipop Detik. Retrieved May 12, 2016, from http://wolipop.detik.com/

Bakewell , Cathy, & Mitchell, Vincent‐Wayne. (2003). International Journal of Retail & Distribution Management: Generation Y Female Consumer Decision‐Making Styles, Vol. 31 Iss: 2, 95-106.

Bourn, Jennifer. (2010). Color Meaning. Retrieved March 10, 2016, from http://www.bourncreative.com/meaning-of-the-color/

Cyrus, Thomson. (2014). Ayo.. Kenali Cara Kerja Tukang Jambret. Kompasiana. Retrieved February 2, 2016, from http://www.kompasiana.com/thomsoncyrus/ayo-kenali-cara-kerja-tukang-jambret_54f8339aa333112e5e8b4730.

Fauzie, Mochamad. (2010). Membuat Kartun Opini, Siapa Takut?: Terminologi, Sejarah, Kriteria Keberhasilan dan Koridor Hukum Kartun Editorial di Indonesia. Retrieved February 25, 2016, from https://www.academia.edu/7304907/

Kartun_Editorial_di_Indonesia_Terminologi_Sejarah_Kriteria_Keberhasilan_dan_Koridor_Hukum.

Gomez-Palacio, Bryony, Vit, Armin. (2012). Graphic Design References. Massachusetts: Rockport Publishers, Inc.

Hoff, Syd. (1980). Editorial and Political Cartooning. New York: Stravon Educational Press.

Januadi, Yohanes. (2013). BANJIR JAKARTA DI MATA ‘OOM PASIKOM’ (Studi Deskriptif Kualitatif Menggunakan Semiotika Pierce dalam Karikatur Editorial ‘Oom Pasikom’ dalam Surat Kabar Harian Kompas). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Ahmad Jaya Yogyakarta.

Japarianto, Edwin, & Sugiharto, Sugiono. (2011). Pengaruh Shopping Life Style dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income Surabaya. Retrieved February 2, 2016 from Faculty of Economic: Marketing Management Program Website: http://repository.petra.ac.id/15445/1/PENGARUH_SHOPPING_LIFE_STYLE_DAN_FASHION_INVOLVEMENT_TERHADAP_IMPULSE_BUYING_BEHAVIOR_MASYARAKAT_HIGH_INCOME_SURABAYA.pdf.

Kurnia, Apriliany Vicky. (2014). Perancangan Game Interaktif Bijaksana Dalam Berbelanja Bagi Remaja Surabaya. (TA No. 00022385/DKV/2014). Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Narwastu, Arum Dyah. (2012, Mei 23). Apa dan Bagaimana Editorial Itu?. Kompasiana. Retrieved February 25, 2016, From http://www.kompasiana.com/arum.narwastu/apa-dan-bagaimana-editorial-itu_551088238133117e3cbc63fa

New World Encyclopedia. (2016). Cartoon. Retrieved February 25, 2016 from http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Cartoon.

Nugroho, Aimee. (2014). Shopaholic/Compulsive Buying Disorder. Retrieved February 3, 2016, from http://mentis.co.id/product/5/93/Shopaholic-Compulsive-Buying-Disorder.

Putro, Gregorius Brahmasto. (2014). Perancangan Buku Kartun Opini yang Diadaptasi dari Lagu Bertema Kritik Sosial Politik di Indonesia. Unpublished undergraduate thesis, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Seodjatmiko, Haryanto. (2008). Saya Berbelanja Maka Saya Ada: Ketika Konsumsi dan Desain Menjadi Gaya Hidup Konsumeris. Yogyakarta & Bandung: Jalasutra.

Stevenson, George A. (1992). Graphic Art Encyclopedia. Design Press.

Sunarto, Priyanto. (2005). Metafora Visual Kartun Editorial Pada Surat Kabar Jakarta 1950-1957. Unpublished undergraduate dissertation Institut Teknologi Bandung.

Suprana, Jaya. (2013). Humorologi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Prasetyo, Aji. (2010). Hidup Itu Indah. Jakarta: Cendana Art Media.

Talani, Noval Sufriyanto. (2014). Gaya Bahasa Visual Kartun Editorial. Retrieved March 15, 2016, from https://novalstalani.wordpress.com/2014 /01/30/gaya-bahasa-visual-kartun-editorial/

Tanudjaja, Bing Bedjo. (2002). Bentuk-bentuk kartunal sebagai medium penyampaian pesan dalam iklan. Retrieved March 3, 2016, from Jurusan Desain Komunikasi Visual Website http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_viewer.php?fname=jiunkpe/jou/jdkv/2002/jiunkpe-ns-jou-2002-01-002-7160-kartunal-resource1.pdf

Waluyanto, Heru Dwi. (2000). Karikatur sebagai karya komunikasi visual dalam penyampaian kritik sosial. Retrieved March 3, 2016, from Jurusan Desain Komunikasi Visual Website http://dewey.petra.ac.id/catalog/ft_viewer.php?fname=jiunkpe/jou/jdkv/2000/jiunkpe-ns-jou-2000-99-022-3601-karikatur-resource1.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.