Perancangan Media Promosi Desa Wisata Tulungrejo, Batu

kevin julianto tejakusuma(1*), Wibowo Wibowo(2), Rika Febriani(3),


(1) UK PETRA
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Desa Tulungrejo terkenal dengan produksi apelnya yang terbesar se-Indonesia.Terbukti dengan luasnya lahan perkebunan apel yang sangat luas dan banyak di sekitar desa Tulungrejo.Perkebunan apel tersebut juga dijadikan untuk tempat wisata bagi masyarakat dengan memetik dan memakan buah apel sepuasnya. Tidak hanya menyuguhkan perkebunan apel, desa Tulungrejo juga menyediakan tempat wisata lainnya seperti perkebunan bunga dan outbond. Tetapi sangat disayangkan media untuk promosi masi kurang diperhatikan oleh warga sekitar.

Maka dibuatlah media promosi dengan media utama brosur dan website disertai dengan media-media pendukung lainnya seperti billboard, banner, gapura, petunjuk jalan, dan souvenir untuk para wisatawan yang berkunjung ke Desa Tulungrejo. Dengan perancangan media promosi ini diharapkan dapat membantu mempromosikan desa Tulungrejo dan meningkatkan wisatawan yang berkunjung ke desa Tulungrejo.

Metode yang digunakan adalah metode perancangan dengan mengumpulkan berbagai data dengan wawancara dan dokumentasi, dan metode analisa yang digunakan menggunakan SWOT. Hasil yang didapat adalah media promosi yang efektif dan efisien menggunakan brosur dan website serta media pendukung lainnya.

 


Keywords


Perancangan, Promosi, Desa Wisata Tulungrejo

Full Text:

PDF

References


Admin. (2013, Agustus 14). SWA. Retrieved Februaru 10, 2015, from SWA: swa.co.id/business-research/survei-mastercard-orang-indonesia-lebih-suka-wisata-dalam-negeri

Alas, Capung. 9 Juli 2014. 5 April 2015 .

Asri. MEDIA PERIKLANAN: Media Cetak Sebagai Media Iklan. 2014. 24 Maret 2015 .

Kanaidi. Dasar-Dasar Periklanan. Ed. Imam Kambali. edisi 1. Bandung: Divisi Buku Manajemen Bisnis & Pemasaran Politeknik Pos Indonesia, 2011.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. Dasar-dasar pemasaran. Ed. Alexander Sindoro and Tim Markplus. Trans. Benyamin Molan and Bambang Sarwiji. 9th edition. Vol. 2. Jakarta: PT Indeks, 2004.

Purnomo, A. (2014, April 23). Tempo. Retrieved Februari 10, 2015, from Tempo: http://www.tempo.co/read/news/2014/04/23/203572767/Kabupaten-Malang-Promosikan-13-Desa-Wisata .

Putra, A. M. (2006). Konsep Desa Wisata. Jurnal Manajemen Pariwisata, 5 (1), 71.

Suwantoro, Gamal. Dasar-Dasar Pariwisata. edisi ke II. Yogyakarta: ANDI, 2004.

Shimp, Terence A. Periklanan & Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Terpadu. Ed. Suryadi Saat and Wisnu Chandra Kristiaji. Trans. Dwi Kartini Yahya. Edisi Kelima. Vol. II. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2004.

Soekadijo. Anatomi Pariwisata : Memahami Pariwisata sebagai "Systemic Linkage". edisi 3. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2000.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.