Perancangan Novel Grafis Bertemakan Konflik Intrapersonal Kaum Remaja Untuk Meningkatkan Etika Pergaulan Remaja

Alan Pranajaya(1*),


(1) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan novel grafis ini dilakukan untuk menginformasikan betapa pentingnya efek konflik intrapersonal
terhadap pembentukan karakter dan kepribadian kaum remaja. Pembentukan kepribadian ini akan menjadi
pondasi pola pikir bagi remaja, bahkan ketika ia dewasa kelak. Tak hanya itu, novel grafis ini juga
menggarisbawahi betapa pentingnya popularitas dan penerimaan bagi kaum remaja dalam kehidupan sosialnya.
Setelah membaca karya novel grafis ini, pembaca diharapkan dapat memahami bahwa setiap individu memiliki
keunikan tersendiri, dan sekedar mengikuti trend bukanlah sesuatu yang berarti. Novel dikemas dalam unsur
fantasi, sehingga dapat lebih menarik minat remaja dengan gaya ilustrasi gabungan antara semi-realis dan
manga.

Keywords


fantasi, novel grafis, remaja.

Full Text:

PDF

References


“About Graphic novel” National Library of New

Zealand. Februari 2015

read-alouds/graphic-novels>

Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Besar

Bahasa Indonesia. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka

Utama, 2008.

Jung, Carl Gustav. Menjadi Diri Sendiri, Pendekatan

Psikologi Analitis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka

Utama, 1986.

“Graphic Attraction Graphic Novels In Libraries”

ALIA. April 2004

er.pdf>

“Graphic Novel” Wikipedia. 18 Februari 2015

“Graphic Novels: A Brief History and Overview for

Library Managers”Library Journal. Mei 2013

wFile/7018/6233>

“Graphic Novels in Library : An Expert’s Opinion” 2

Juni 2004

/TrendsProjects/foster/FosterTrends.htm>

“Layout” Desain Grafis Indonesia. 24 Juli 2009

com/layout/>

Merrill, Alice. The Untouched Key. New York :

Bantam Doubleday Dell Publishing Group, Inc., 2008.

“Novel Grafis, Apa Kabar?” Kompas. 8 Agustus 2008

/novel.grafis.apa.kabar>

Pawuk, Michael. Graphic Novels: A Genre Guide to

Comic Books, Manga, and More. Westport,

Connecticut: Libraries Unlimited, 2007.

Powell, Marvin. The Psychology of Adolescence.

New York : The Bobbs-Merrill Company,Inc., 1963.

Sexton, Adam. Master Class in Fiction Writing. New

York : McGraw-Hill, 2006.

“Tentang Novel Grafis yang Perlu Anda Tahu”

Duniaberbicara. 7 Agustus 2014

http://www.duniaberbicara.com/buku/tentang-novelgrafis-

yang-perlu-anda-tahu.html>

Withrow, Steve, and Alexander Danner. Character

Design for Graphic Novels. Switzerland : Rotovision,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.