PERANCANGAN MEDIA PROMOSI GULA MERAH TEBU CAP PANELA DI SURABAYA

yenny safitri(1*), ANDRIAN DEKTISA HAGIJANTO(2), BERNADETTE DIAN ARINI MAER(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Panela adalah merek pemanis alami yang berasal dari nira tebu asli yang diolah dengan cara tradisional dapat dijadikan alternatif pemanis. Panela ini ingin melebarkan pasar dengan target pasar yang baru untuk olahan rumah tangga, namun belum dikenal oleh masyarakat luas karena belum memiliki kemasan yang memadai untuk dipasarkan dengan target pasar yang baru dan belum memiliki identitas yang jelas sehingga sulit dibedakan dengan pemanis lainnya. Perancangan media promosi gula merah tebu cap Panela meliputi perancangan kemasan sebagai media promosi utama mengenalkan kepada masyarakat dan membentuk identitas produk agar lebih dikenal masyarakat dalam upaya perluasan pasar baru.

Keywords


Promosi, pengenalan, gula merah tebu, Panela

Full Text:

PDF

References


Ashari,Yulia F.“Industri Gula Merah, Alternatif Usaha Petani Tebu Kediri.” Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian. 7 Oktober 2014

Drew, John.T dan Meyer, Sarah.A. Color Management for Packaging, A Comprehensive Guide for Graphic Designers. Singapore: RotoVision SA, 2008.

Kartajaya, Hermawan, et al. Winning the Mom Market in Indonesia Strategi Membidik Pasar Ibu. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. Dasar-Dasar Pemasaran. Sindoro, Alexander. Jakarta: Prenhallindo, 1997.

Kotler, Philip. Marketing Insights From A to Z. Lastiati, Anies. Jakarta: Erlangga, 2003.

Pasuruan. Pemerintah Kota Pasuruan “Peluang Usaha Pembuatan Gula Merah Tebu” Situs Resmi Pemerintah Kota Pasuruan. 9 Oktober 2014

“Perancangan”. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka 2001

“Promosi”. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi 3. Jakarta: Balai Pustaka 2001

Pusat Grafika Indonesia. (1978). Warna dan Tinta. Cetakan ke-2. Jakarta: Author.

Rukmana, Rahmat. Gula Merah dari Tebu. Semarang: CV Aneka Ilmu, 2004.

Sasongkowati, Retno. Bahaya Gula, Garam, dan Lemak. Yogyakarta: Penerbit Indoliterasi, 2014.

Shimp, Terence A. Periklanan dan Promosi, Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jilid 2. Edisi 5. Trans. Revyani Sjahrial. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2003.

Simamora, Bilson. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2001.

Sularko, Herdi dan Prawata, Victor N. How Do They Think. Jakarta: Mosher Publishing, 2008.

Tjiptono, Fandy. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, 1997.

Tuckwell, Keith J. Intergrated Marketing Communication, Strategic Planning Perspectives. Toronto, Ontario: Pearson Education Canada, 2008.

Utami, S dan Sumarno. 1996. Peranan Bahan Baku untuk Menghasilkan Gula Mutu Tinggi. Gula Indonesia Vol. XXI/2:22-25.

Wirya, Iwan. Kemasan yang Menjual, Menang Bersaing Melalui Kemasan. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama, 1999.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.