Perancangan Board game Untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Moral Pada Remaja

DANIEL LIMANTARA(1*), HERU DWI WALUYANTO(2), AZNAR ZACKY(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Remaja merupakan masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Di masa peralihan ini,
remaja seringkali berlaku tidak baik di masyarakat atau mengalami penurunan moral. Keingintahuan remaja akan
banyak hal membuat mereka menyerap, mempelajari dan meniru banyak hal, baik yang baik maupun yang tidak
baik. Oleh karena itu diperlukan sebuah media informasi yang dapat membimbing remaja agar dapat berperilaku
baik. Media board game dipilih dikarenakan sifat remaja yang masih suka bermain. Diharapkan dengan board
game ini, nilai-nilai moral pada remaja dapat tumbuh dan mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Keywords


Board game, moral, remaja

Full Text:

PDF

References


Ligagame. Berapa Jumlah Pemain Game Online di

Indonesia? Ini Datanya. 9 Februari 2015.

pemain-game-online-di-indonesia-inidatanya>.

Haryanto. (November,2011).Perkembangan

Psikologis Remaja. 9 Februari 2015,

remaja>

Haryanto (Maret, 2010).Pengertian Remaja Menurut

Para Ahli. 6 Februari 2015,

.

Hadiwardoyo, Purwa. (1990). Moral dan

Masalahnya, Yogyakarta: Kanisisus.

Angkasa Yudhistira (Januari 2013). Pemerkosaan

Massal Marak di Kalangan Pelajar. 18 Februari

,

/%20pemerkosaan-massal-marak-di-kalanganpelajar>

Iqah Zamri II (Oktober,2013). Pengertian Permainan

Menurut Beberapa Ahli. 6 Februari 2015,

Permainan-Menurut-Beberapa-Ahli#scribd>

Dita Rahayu (April, 2014). Makalah Krisis Moral

Remaja pada Era Globalisasi. 9 Februari 2015,

moral-remaja-pada-era-globalisasi-

html>

Abdur Rozaki (Oktober, 2012). Bunuh Diri di

Kalangan Anak dan Remaja Indonesia. 11 Desember

< http://kyotoreview.org/bahasaindonesia/

bunuh-diri-di-kalangan-anak-dan-remajaindonesia/>.

http://www.thefreedictionary.com/board+game


Refbacks

  • There are currently no refbacks.