Perancangan Kampanye Sosial Pengenalan Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Manfaat dan Potensinya Kepada Anak Usia SMP

Jairus Robert Solehan(1*), Maria Nala Damayanti(2), Jacky Cahyadi(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Tanaman obat keluarga merupakan warisan budaya Indonesia yang harus diperkuat untuk menjadi gaya hidup sehat untuk masyarakat luas. Selain itu, membudidayakan dan memanfaatkan tanaman obat keluarga sesuai dengan prinsip go green dan gaya hidup sehat. Faktanya tidak semua generasi muda Indonesia mengetahuinya karena kurangnya pengetahuan mereka akan tanaman obat keluarga. Perlu adanya sebuah solusi kreatif yang mampu memperkenalkan tanaman obat keluarga kepada generasi muda Indonesia. Remaja menjadi sasaran dari perancangan ini di mana usia remaja merupakan masa potensial untuk mengembangkan kreativitas serta mengenal hal baru dengan cara yang menyenangkan bagi mereka. Perancangan ini bertujuan untuk memperkenalkan tanaman obat keluarga, manfaat dan potensinya kepada anak usia SMP dengan cara yang menyenangkan dan kreatif.


Keywords


Perancangan, kampanye sosial, tanaman obat keluarga, remaja

Full Text:

PDF

References


Balch, James F. dan Mark Stengler. (2004). Prescription for Natural Cures. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Bungin,

Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta : Kencana.

Departemen Kesehatan. (2007). Retrieved February 2015 from http://www.litbang.depkes.go.id/

Dinas Pendidikan Surabaya. (2013). Retrieved March 2015, from www.profilsekolah.dispendik.surabaya.go.id

Egger, Garry dkk. (2004). Health Promotion, Strategies and Methods. North Ryde, N. S. W. : McGraw-Hill

Kartono, Kartini. (2007). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung : CV. Mandar Maju

Kasali, Rhenald. (2004). Manajemen Periklanan. Jakarta : Grafitti Press

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional. Retrieved January 2015 from http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/

Kompas. (2015). Retrieved March 2015, from http://www.kompas.com/

Mantasa. (2015). Retrieved March 2015, from http://mantasa.org/about/

Lwin, May dan Jim Aitchison. (2002). Clueless in Marketing Communication. Jakarta : PT. Bhuana Ilmu Populer

Paresti, Suci dkk. (2014). Prakarya. Jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Sartono. (1996). Apa yang sebaiknya Anda ketahui tentang Obat Wajib Apotek. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Santoso, Hieronymus Budi. (2003). TOGA 1 – Tanaman Obat Keluarga. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Santoso, Hieronymus Budi. (2003). TOGA 2 – Tanaman Obat Keluarga. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Santoso, Hieronymus Budi. (2003). TOGA 3 – Tanaman Obat Keluarga. Yogyakarta : Penerbit Kanisius.

Siahaan, SM. (1991). Komunikasi Pemahaman dan Penerapan. Jakarta : PT. BPK Gunung Mulia

Stanislaus. (2011). Retrieved February 2015, from http://www.smpkstansa.wordpress.com/

Tim Yayasan Masyarakat Sehat Wahju Suprapto. (2000). TOGA (Tanaman Obat Keluarga) : Pengobatan Alternatif. Jakarta : Pusat Kajian Pembangunan Unika Atma Jaya.

Venus, Antar, M.A. (2010). Manajemen Kampanye. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Wijayakusuma, H. M. Hembing. (2003). Penyembuhan dengan Tanaman Obat Cet. 5, Rev. Ed.Jakarta : PT Eka Media Komputindo.

Youtube. (2005). Retrieved January 2015, from http://www.youtube.com/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.