Perancangan Kampanye Sosial ”Aku Bisa Kreatif”

Johan Steven Wijaya(1*), Deddi Duto Hartanto(2), Cindy Muljosumarto(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Sering kali banyak orang tidak tahu apa yang bisa dilakukan anak berkebutuhan khusus, khususnya anak autis didalam berkarya. Pengambilan segmen anak berkebutuhan khusus ini dimaksudkan sebagai rasa peduli dan apresiasi terhadap mereka yang selama ini tidak dipandang oleh masyarakat. Salah satunya dalam hal kreativitas mereka yang selama ini tidak banyak masyarakat tahu dan paham kreativitas apa yang biasa dilakukan anak-anak berkebutuhan khusus. Kampanye ini merupakan wadah bagi mereka khususnya anak autis untuk dapat mengolah karya-karya yang biasa ia buat ke dalam aplikasi-aplikasi media sehingga karya yang sudah ada tidak terbuang percuma namun dapat menjadi karya baru yang memiliki nilai jual dan tentunya sebagai media yang berfungsi.

Keywords


Perancangan, Kampanye Sosial, Anak Berkebutuhan Khusus, Anak Autis, Aplikatif Media, Kesadaran Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Delphie, Bandi. (2009). Pembelajaran Anak

Berkebutuhan Khusus dalam

Setting Pendidikan Inklusi. Sleman: KTSP.

Djamaludin, S.U.S. (2003). “Penyesuaian Pendidikan

Anak Autistik berdasarkan Karakter Anak”. Makalah pada Konferensi Nasional Autisme-I, Jakarta.

Greener, Tony. (1993). Public Relations dan

Pembentukan Citranya Jakarta: Bumi Aksara.

Kasali, Rhenald. (2007). Manajemen Periklanan:

Konsep dan Aplikasinya

Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Laksita, Nattaya. (2012). Paduan SimpelMendidik

Anak Autis. Jakarta: Java Litera.

Masunah, Juju, dkk.(2001). Pengembangan Model

Pendidikan Seni Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Universitas Pendidikan Indonesia.

Munandar, U. (2002). Kreativitas dan Keberbakatan:

Strategi Mewujudkan Potensi Kreativitas dan Bakat. Jakarta: Media Pustaka.

Munandar, U. (2009).Pengembangan Kreativitas

Anak Berbakat.Jakarta: Rineka Cipta.

Ramadhan, M. (2012). Pendidikan Keterampilan dan

Kecakapan Hidup Untuk Anak Berkebutuhan

Khusus. Jakarta: Java Litera.

Ruslan, Rosady, S.H., M.M. (2007). Kampanye

Public Relations. Jakarta: Rajawali Pers.

Venus, Antar. (2004). Manajemen Kampanye

Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Widyatama, Rendra. (2007). Pengantar Periklanan

Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Yuwono, Joko. (2009). Memahami Anak Autistik

Kajian Teoritik dan Empirik.

Bandung: ALFABETA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.