Perancangan Buku Panduan Edukatif Untuk Orang Tua Dalam Membantu Pembelajaran Matematika Pada Anak Autis Usia 3-5 Tahun

IRENE ANGELINA SURYAPUTRA(1*),


(1) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Dewasa ini banyak orang tua anak dengan autisme yang masih kurang paham akan pentingnya terapi dini atau
pembelajaran untuk anak dengan autisme. Sedangkan untuk mendapat hasil maksimal, terapi sejak usia balita (3-
5 tahun) sangat penting untuk perkembangan anak dengan autisme. Salah satu pelajaran yang paling sulit dicerna
pada anak dengan autisme adalah matematika, karena sifatnya yang abstrak. Padahal matematika merupakan
ilmu penting untuk dipelajari, salah satunya untuk menghitung nilai uang dan waktu. Dengan adanya buku ini,
orang tua anak dengan autisme akan dipandu untuk memberi pembelajaran matematika dasar sejak dini pada
anak sejak usia balita dengan pendekatan terapi seni (art therapy). Buku ini berisi panduan lengkap step by step
untuk orang tua memberikan pembelajaran matematika dasar berupa pengenalan angka untuk anak dengan
autisme.

Keywords


Autisme, Anak, Orang Tua, Matematika, Edukatif, Art Therapy

Full Text:

PDF

References


Acuan dari jurnal online:

Bentivegna, W. (1983). The use of art with an autistic

child in residential care. American Journal of Art

Therapy, 22, 51-56.

Betts, D.J. The art of art therapy: Drawing

individuals out in creative ways Advocate: Magazine

of the Autism Society of America, 26-27. 2005.

Emery, Melinda. "Art Therapy as an Intervention for

Autism." Art Therapy Journal of the American Art

Therapy Association, 143-147. 2004.

Acuan dari buku:

Abdurrahman, Mulyono. (1994) Pendidikan Bagi

Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amin Suyitno. (2004). Belajar dan Pembelajaran.

Medan: FIS UNIMED.

Erman Suherman, dkk. (2003). Strategi Pembelajaran

Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Estiningsih, Elly. (1994). Penggunaan Alat Peraga

dalam Pengajar Matematika SD. Yogyakarta: PPPG

Matematika.

Handojo, DR. Dr. Y. (2003). Autisme: Petunjuk

Praktis & Pedoman Materi Untuk Mengajar Anak

Normal, Autis & Prilaku Lain. Jakarta: Bhuana Ilmu

Populer.

Runtukahu, J. Tombokan. (1996). Pengajaran

Matematika Bagi Anak Kesulitan Belajar. Jakarta:

Depdikbud.

Ruseffendi. (1998). Pengantar Kepada Membantu

Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam

Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA.

Bandung : Tarsito.

Safaria, Trianto. (2005). Autisme: Pemahaman Baru

untuk Hidup Bermakna bagi Orang Tua. Yogyakarta:

Graha Ilmu.

Setyosari, Punaji, Sihkabuden. Media Pembelajaran.

Malang: Elang Press. 2005.

Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di

Indonesia: Konstatasi Masa Kini Menuju Harapan

Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Stillman, William. (2009). Empowered Autism

Parenting. San Fransisco: Jossey-Bass.

Acuan dari forum, diskusi, berita online:

Anonim. (2013, Oktober 5). Masalah perkembangan

anak usia sekolah. Pesan disampaikan dalam

http://dewaeggix.blogspot.com/2013/01/masalahperkembangan-

anak-usia-sekolah.html.

Anonim. (2014, Desember 7). Anak dengan autisme

juga bisa belajar. Pesan disampaikan dalam

http://www.parenting.co.id/article/usia.sekolah/anak.a

utis.juga.bisa.belajar/001/004/93.

Anonim. (2014, Oktober 5). Ciri-ciri anak dengan

autisme. Pesan disampaikan dalam

http://cirianakautis.com/.

Anonim. (2014, Desember 7). Masalah apa saja yang

akan dihadapi oleh anak dengan autisme sesuai

dengan perkembangan usianya. Pesan disampaikan

dalam http://www.autismindonesia.org/index.php/78-

blog?start=15. 7 Desember 2014

Acuan dari tugas akhir, skripsi, tesis dan desertasi:

Novalina, Endang. (2012). Penggunaan Media Kartu

Lambang Bilangan Pada Pembelajaran Matematika

Anak dengan autisme Kelas I SDLB Di SLB Autisme

Dian Amanah Ngaglik Sleman Yogyakarta. Skripsi

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri

Yogyakarta, Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.