Perancangan Permainan Papan Edukatif tentang Bahaya Jajan Sembarangan bagi Anak-anak Usia 6-12 Tahun

GRACE HANYTASARI(1*),


(1) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan karya tugas akhir ini bertujuan mengajarkan bahaya jajan sembarangan sebagai pembelajaran
kesehatan bagi anak-anak usia 6-12 tahun. Media yang dipilih adalah media permainan papan edukatif karena
dapat mempermudah proses pembelajaran dan penyerapan informasi kepada anak-anak karena didukung oleh
suasana yang menyenangkan dan juga dapat memupuk rasa kebersamaan. Media menggunakan permainan papan
edukatif yang menarik dan interaktif sebagai media pembelajaran yang baru untuk anak-anak karena kebanyakan
anak tidak suka membaca buku pelajaran. Permainan ini disuguhi dengan gambar-gambar yang menarik agar
dapat menarik minat anak-anak yang merupakan target perancangannya.

Keywords


Kesehatan, Bahaya, Jajan, Sembarangan, Permainan, Papan dan Anak-anak.

Full Text:

PDF

References


“A History of Board Games”. Astral Castle. 30

November 2003.

Adieb. “Manfaat Board Game di Tengah Era Digital”.

Indonesia Bermain. 24 Agustus 2001. 14 Maret

game-di-tengah-era-digital/>

“Anemia atau Kurang Darah”. Penyakit Anemia.

Ana, Nafita Antasari. Hubungan Antara Pengetahuan

Gizi Dengan Pemilihan Makanan Jajan Pada

Anak SD Kelas IV SDN Jati Sari Kec

Mijen Kota Semarang Tahun Ajaran

/2008. Skripsi SI UNNES. 2008

Andarwulan et all. Laporan Penelitian: Monitoring

dan Verifikasi Profil Keamanan Pangan

Jajanan Anak Sekolah (PJAS) Nasional Tahun

Southeast Asian Food and Agricultural

Science and Technology (SEAFAST) Center

IPB dan Direktorat Surveilan dan Penyuluhan

Keamanan Pangan BPOM RI. Bogor. 2009.

Anita. Analisis keamanan pangan jajanan dan upaya

peningkatan mutunya. Skripsi. Fakultas

Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Akbar, Reni. Hawadi. Psikologi Perkembangan Anak.

Jakarta: Grasindo. 2001

“Bahaya Makanan di Sekitar Kita”. Dokter Sehat. 29

Juli 2011.

jajanan-di-sekitar-kita/>

“Bahan Makanan Berbahaya di Jajanan Sekolah”.

a/bahan.makanan.berbahaya.di.jajanan.sekolah/

/006/832>

Gunarsa, Singgih. Psikologi Perkembangan Anak dan

Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia. 2008

Haryanto. “Pentingnya Media dalam Pembelajaran”.

Belajar Psikologi. 18 Desember 2011.

dalam-pembelajaran/>

Hasan, Maimunah. Pendidikan anak usia dini.

Jogjakarta: Diva Press. 2010

Hurlock, E. Psikologi Perkembangan Anak, jilid 2.

Jakarta. Erlangga. 2010.

Judarwanto, W. 2006. “Perilaku Makan Anak

Sekolah”.

Kummara. “German Style Board Game”. 28 April

27 Februari 2011.

“Ludo”. Anne Ahira.

“Mewaspadai Jajanan Berbahaya di Sekitar Sekolah”.

Kompasiana. 06 Oktober 2013.

/06/mewaspadai-jajanan-berbahaya-di-sekitarsekolah-

html>

Qonita, N. “Hubungan kontribusi energi dan protein

dari makanan jajanan dengan status gizi anak

SDN 30 Labui Banda Aceh.

”.

Ruslan, Rosady. Metode Penelitian Public Relation

dan Komunikasi. Jakarta: PT. Rajagrafindo

Persada, 2006.

Setyosari, Punaji, Sihkabuden. Media Pembelajaran.

Malang: Elang Press. 2005

Singarimbun dan Effendi. Metode Penelitian Survei.

Jakarta: LP3ES.. 1995

Suswandari.Paradigma Pendidikan Sejarah dalam

Menghadapi Tantangan Masa Depan. Jakarta :

Cakrawala Pendidikan. 2010

Tampubolon, Nurmala Situmorang. “Dampak Karies

Gigi dan Penyakit Periodontal Terhadap

Kualitas Hidup”. USU Repository. 2006

Tedjasaputra, Mayke S. Bermain, Mainan, dan

Permainan. Jakarta: PT. Grasindo. 2001

“Warna-warna yang Pas untuk Anak”. EduPaint. 12

November 2014.

-warna-warna-yang-pas-untukanak.

html>

Zachri. ”Sejarah Board Game”. 3 Maret 2012. 14

Maret 2012.

-games/4-sejarah-board-game.html>


Refbacks

  • There are currently no refbacks.