PERANCANGAN BUKU PEMBELAJARAN INTERAKTIF SEJARAH PERINGATAN HARI – HARI PERJUANGAN NASIONAL UNTUK ANAK USIA 6 - 11 TAHUN

Desi Amalia Limanto(1*), Petrus Gogor Bangsa(2), Aniendya Christianna(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Perancangan buku pembelajaran interaktif sejarah peringatan hari - hari perjuangan nasional ini sebagai wujud kepedulian penulis terhadap fenomena yang terjadi saat ini. Peringatan hari – hari perjuangan nasional yang bertujuan  menanamkan ingatan sejarah masa lampau tidak sesuai dengan tujuannya. Peringatan tersebut diikuti hanya sebagai rutinitas saja tanpa mengetahui sejarah bahkan tanggal peringatannya.Melalui perancangan ini, penulis mengenalkan sejarah dari peringatan hari – hari perjuangan nasional kepada anak – anak melalui gambar, bentuk interaktif, dan permainan sehingga anak memiliki pengalaman positif terhadap pengetahuan sejarah.Tujuan perancangan ini adalah untuk mengenalkan sejarah peringatan hari – hari perjuangan nasional sejak dini agar anak dapat belajar mencintai negara mereka melalui pengetahuan sejarah serta agar makna peringatan hari – hari perjuangan nasional tidak pudar.


Keywords


Buku Anak, Sejarah, Peringatan Hari – hari Perjuangan Nasional, Usia 6 – 11 tahun, Perancangan Buku Interaktif.

Full Text:

PDF

References


Badio, Sabjan. “Buku, Modul, atau Diktat.” Guru Menerbitkan Buku, Mengapa Tidak .2009. 15 Maret 2015..

“Bacaan yang Tepat untuk Anak.” Erlangga for Kids. 2012. Erlangga. 24 Febuari 2015. .

Bengkulu, Flanelista. “Humaniora.” Academia.edu. 2015. Academia.edu. 20 Febuari 2015. .

Dabner, David. Design and Layout: Understanding and Using Graphics. Singapore: Page One, 2003.

Darmaprawira, Sulasmi. Warna. Bandung: ITB, 2002.

Daryanto. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, 2011.

Eiseman Leatrice, and Keith Recker. Pantone, The 20th Century in Color. California: Chronicle Books LLC, 2011.

Frederick, William H, ed. Pemahaman Sejarah Indonesia. Jakarta: Pustaka LP3ES, 2005.

Heinich, Robert, et al. Instructional Media and the New Technologies of Instruction. 3th ed. New York: Macmillan Publishing Company, 1990.

Hurlock, Elizabeth B. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Ed.5. Jakarta: Erlangga, 1996.

Kamus Besar Bahasa Indonesia.Ed.3, Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

Kansil, CST. Pancasila dan Undang – Undang Dasar 1945. Jakarta: Pradnya Paramita, 1984.

Kansil, CST, dan Julianto. Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia. Jakarta: Erlangga, 1985.

Koentjaraningrat.Metode – metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia Pustaka, 1983.

Latuconsina, Achmad. Peranan Pemuda Sebelum dan Sesudah “Sumpah Pemuda”.Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorial Jenderal Kebudayaan, 1994.

Listiyani, Dwi Ari. Sejarah I Untuk SMA Kelas X. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, 2009.

LP3ES. Anak Bangsa Menggugat. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia, 2003.

Mayang Sari, Sriti. Catatan Kuliah Desain Dasar 1. Surabaya: Desain Interior Universitas Kristen Petra.

Miarso, Yusufhadi, et al. Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali, 1984.

Muhammad, As’Adi. Panduan Praktis Stimulasi Otak Anak. Yogjakarta: Diva Press, 2010.

“Nasional.” KBBI Daring, Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.20 Febuari 2015..

Nurhayati, Yanti. ”Pengaruh Upacara Bendera Terhadap Sikap Nasionalisme di SMPN 14 Bandung.”S1 thesis Universitas Pendidikan Indonesia (2013).6 Febuari 2015..

Oxford University Press. The New Oxford Dictionary of English. 3th ed. USA: Oxford University Press, 2003.

“Pelajaran Sejarah Harus Bangkitkan Nasionalisme.” Sinar Harapan 3 Febuari 2015. 2 Maret 2015. < http://sinarharapan.co/news/read/150203006/pelajaran-sejarah-harus-bangkitkan-nasionalisme>.

“Pelajaran Sejarah Harus Diberikan Sejak Dini.” Sinar Harapan 7 Oktober 2013.2 Maret 2015..

“Perancangan.”KBBI Daring, Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2008. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.20 Febuari 2015..

Piaget, Jean. Psychology of the Child. New York: Basic Book, 2000.

Pramuka Indonesia. “ Pramuka Indonesia” Pramuka Indonesia. Pramuka Indonesia. Pramuka Indonesia. 5 Maret 2015. .

Pringgodigdo, A.K. Sejarah Pergerakan Rakyat Indonesia. Jakarta: Dian Rakyat, 1984.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed.3, Jakarta: Balai Pustaka, 2003.

Putri, Ciptanti. “Memahami Genre Buku Cerita Anak. ” Pena Tenggara’s World”. 2009. 27 Febuari 2015. .

Rasid, Abdul Rahim Abdul. Patriotisme: Agenda Pembinaan Bangsa. Kuala Lumpur: Utusan, 2000.

Ricklefs, M.C. Sejarah Indonesia Modern. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1998.

Rustan, Surianto. Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Sakty, Dhian Pramono. “Nilai – nilai Patriotisme dalam Novel Sebelas Patriot Karya Andrea Hirata dan Pemanfaatannya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra di SMA.” S1 thesis Universitas Negeri Yogyakarta (2012). 4 Febuari 2015. .

Santrock, John W. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: Erlangga, 2008.

Santrock, John W. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga, 2007.

Schiffman, Leon. Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks, 2004.

Setiyono, Budi, ed. Revolusi Belum Selesai (II). Semarang: Mesiass, 2003.

Siebert, Lori, dan Lisa Ballard. Making a Good Layout. Cincinnati: North Light Books, 1992.

Soetomo. Dasar – dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional, 1993.

Soewono, Devi. Perancangan buku interaktif pembelajaran unggas khas Indonesia untuk anak usia 7-9 tahun. Surabaya: Perpustakaan Universitas Kristen Petra, 2012.

Suprapto, et al. Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X SMA/MA 1. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2007.

Suryabrata, Sumadi. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press, 2012.

Susanto, Heri. Seputar Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014.

Wangsa, Lalu Mara Satria. Merebut Hati Rakyat: melalui nasionalisme, demokrasi, dan pembangunan ekonomi. Jakarta: Pm Pustaka, 2004.

Wiratmo, Triyadi Guntur. “Transformasi Fungsi Gambar dalam Ilustrasi: Dari Dekorasi Visual, Interpretasi Visual, Jurnalis Visual sampai Opini Visual.” DG. 2009. DGI Indonesia. 16 Maret 2015. .

Yudhawati, Ratna, dan Dany Haryanto. Teori – teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya, 2011.

Yuniati, Siska. “ Self Publishing 2 : Jenis – Jenis Buku ”. Komunitas Guru dan Pemerhati Pendidikan. 2009. 15 Maret 2015. < http://group.yahoo.com/neo/groups/ pakguruonline/conversations/topics/6512>.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.