PERANCANGAN DESAIN KEMASAN PRODUK PRODUK PT.KALYANA LAKSANA

Khoemarga Fransisca(1*), Listia Natadjaja(2), Ani Wijaya(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


PT.Kalyana Laksana adalah salah satu perusahaan penghasil minyak kayu putih yang berada di Surabaya dan berdiri sejak tahun 1991. Produk pertama perusahaan ini adalah minyak kayu putih dengan cap S.P.B (Surya Pulau Buru). Untuk memperkenalkan dan menarik loyalitas konsumen terhadap produk-produk minyak kayu putih PT.Kalyana Laksana, diperlukan strategi promosi yang baik dan tepat. Atas dasar pemikiran inilah karya Tugas akhir ini dibuat. Strategi yang direncanakan yaitu perancangan kemasan produk-produk PT.Kalyana Laksana. Untuk menjangkau target konsumen PT.Kalyana Laksana, dilakukan pendekatan melalui sebuah perancangan desain kemasan produk yang dalam pengaplikasiannya akan digunakan pesan verbal dan pesan visual berupa logo, pemilihan bentuk label, pemilihan bahan material, warna, dan ilustrasi.

Keywords


Minyak Kayu Putih, Desain Kemasan, PT.Kalyana Laksana

Full Text:

PDF

References


Setiana, Haris. “Strategi Produksi Dan Pemasaran Produk Minyak Kayu Putih”. harissetiana.blogspot. 2011. 25 Mei 2011.

Cenadi, Christine Suharto. “Peranan Desain Kemasan dalam Dunia Pemasaran” 2009. 1 Januari 2000.

Hendro. “Peluang Bisnis Minyak Kayu Putih Tetap Terbuka Lebar”. ayogitabisa. 2014. 4 Januari 2014.

Calver, Giles. (2004). What is packaging design?. Switzerland : Roto Vision SA.

Martin. “Tipografi”. (2006). Makalah Tipografi. Jurusan PPKAI. Universitas Kristen Petra.

Kertajaya, Hermawan. Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan

Global. PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,1996.

Wirya, Iwan. Kemasan yang Menjual. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta,

“Packaging” Wikipedia. (2005). Wikipedia Foundation. 28 Februari 2005.

http://en.wikipedia.org/wiki/packing and labelling.

Aruman, (2005). The Power of Packaging.MIX, vol.11/II Edisi Desember.

Ferbey, AD.How to Produce Succesfull Advertising, Jakarta : PT.Gramedia

Pustaka Utama, 1997.

Murphy, John and Michael Rowe. How to Design Trademarks and Logos. Ohio :

North Light Book, 1998.

Hartanto, Dedi Duto.”Pemilihan Tipografi Pada Judul Film”. Nirmana 5.2 (Juli

: 201-2013

Herlina, Yekti.Perancangan Desain Kemasan Produk Distro Garlick. Petra

Library (Juli 2004) : 8-11

Ruastan, Surianto. Mendesain Logo. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Krasovec, Sandra dan Marianne Rosner Klimchuk. Packaging Design Succesfull

Product Branding from Concept to Shelf. John Wiley & Sons Inc, Canada,


Refbacks

  • There are currently no refbacks.