PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY TOKO KUE PODOMORO DI SURABAYA
(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(*) Corresponding Author
Abstract
Toko kue Podomoro merupakan salah satu toko kue di Surabaya yang menjual kue tradisional atau yang lebih dikenal dengan jajan pasar. Inti utama dari perancangan ini adalah untuk menciptakan sebuah identitas visual untuk toko kue Podomoro sehingga dapat mendukung toko kue Podomoro untuk semakin berkembang dan dapat membuat toko kue Podomoro semakin dikenal oleh masyarakat Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan studi literatur. Metode analisis data yang digunakan SWOT, USP, dan Positioning. Berdasarkan analisis, ada beberapa hal yang harus dilakukan dalam konsep peranacangan yaitu dengan membuatkan sebuah logo yang dapat mewakili visi dan misi dan cita-cita dari sang pemilik toko sehingga tercipta sebuah identitas visual / brand yang dapat mendukung dan juga berbagai media promosi lainnya yang sesuai dengan kebutuhan dari toko kue Podomoro, agar dapat bersaing dengan para kompetitornya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, D.A. Building Strong Brands. New York: The Free Press, 1995.
Artisty, Trisha. “Kenali Arti makna di balik warna.” International Design School. 2014. 16 Mar 2014
“Arti warna pada logo perusahaan dan pengaruh emosionalnya pada konsumen.” Akarapi.com. 16 Mar 2014
Balmer, J.M.T. & Gray, E.R . Corporate Identity and Corporate Communications Creating a Competitive Advantage, Industrial and Commercial Training, 1995.
Carter, David E. How to Improve Your Corporate Identity, 1995.
de Chernatony, Leslie, and M. McDonald. Creating Powerful Brands in Consumer Service and Industrial Markets, 3rd Edition. Oxford:Butterworth Heinemann, 1998
Chua, Perry, dan Dann Ilicic. Logo Savvy: Top Brand-Design Firms Share Their Naming and Identity Strategies. United States of America: Rockport Publisher, 2007.
Ebdi, Sadjiman Sanyoto. Nirmana Elemen-Elemen Seni dan Desain. Yogyakarta. Jalasutra, 2010.
Fridgen, Joseph D. Dimension of Tourism. USA : Educational. 1996.
Keegan, Waren J., Sandra E. Moriarty, and Thomas R. Duncan. Marketing. New Jersey : Prentice Hall Inc. 1996.
Keller, Kevin Lane. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Hemel Hempstead : Prentice Hall Inc. 1998.
Kotler, Philip. Dasar – dasar Pemasaran Edisi 3. Jakarta : Indeks. 1987.
Landa, Robin. Designing Brand Experience: Creating Powerful Integrated Brand Solutions. 2005. 5 Maret 2014
“Jajan pasar”.Kamus Besar Bahasa Indonesia. 20 Feb. 2014
Neumeier, Marty. The Brand Gap. Berkeley : New Riders, 2006.
Jeffkins, Frank. Periklanan. Jakarta: Erlangga, 1994.
Randall, Geoffrey. The Art of Marketing. New Delhi: Crest Pub. House, 2001. Print
Ries, Al, and Laura Ries. The Origin of Brands : How Product Evolution Creates Endless Possibilities for New Brands. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama. 2005.
Ries,Al, and Jack Trout. Positioning : The battle of your mind. Jakarta : PT Salemba Emban Patria. 2002.
Soehadi, Agus W. Effective branding : konsep dan aplikasi pengembangan merek yang sehat dan kuat. Bandung : Quantum Bisnis Manajemen . 2005.
Temporal, Paul. Advanced Brand Management: Managing Brands in a Changing World. New Jersey : John Wiley & Sons, Inc. 2009.
“Tipografi Arti dan Fungsinya.” Helliumworks.blogspot.com. 17 Mar 2014
Tjiptono, Fandy. Brand Management and Strategy. Yogyakarta : Andi. 2005.
Waringin, Tung Desem. “Pentingnya Sebuah Logo”.Okezone.com Economy. Senin, 8 Juni 2009. Okezone.20 Feb.2014
“What is a Brand.” Intelectual Property Office. 2013. 3 Mar. 2014
Refbacks
- There are currently no refbacks.