Perancangan Game Digital Interaktif Pembelajaran Alkitab

Renny Lengkong(1*), Heru Dwi Waluyanto(2),


(1) UK PETRA
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Game merupakan suatu kegiatan yang tidak asing lagi bagi seluruh umat manusia. Hampir semua orang menyukai bermain game, apalagi dengan semakin majunya teknologi yang canggih pada jaman sekarang ini makin memudahkan seseorang dalam mengakses sebuah game. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk memudahkan anak-anak khususnya anak sekolah minggu usia 6-10 tahun dalam mempelajari cerita yang ada di dalam Alkitab dengan cara yang tidak membosankan dan akan lebih mudah untuk diingat oleh mereka jika belajar sambil bermain melalui game interaktif.

Hasil perancangan ini adalah game digital dengan judul Jelajah Kisah Perjanjian Lama. Game ini diangkat dari kisah-kisah yang ada dalam Perjanjian Lama dalam Alkitab dan menggunakan bahasa Indonesia agar mempermudah anak dalam memahaminya. Merupakan media untuk belajar dan bermain bagi anak-anak usia 6-10 tahun. Game ini dibuat dengan desain yang menarik dan mudah dipahami oleh anak-anak sehingga mereka dapat memahami kisah-kisah yang ada di dalam Alkitab dengan lebih mudah.


Keywords


Perancangan Game Digital Interaktif Pembelajaran Alkitab, game digital interaktif, anak-anak

Full Text:

PDF

References


Semiawan, C.R.2002. Belajar dan Pembelajaran dalam Taraf Usia Dini: Pendidikan Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT Prenhallindo.

DR. Kartono Kartini. Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: CV. Mandar Maju, 1990

Renungan Harian anak volume 2. Yogyakarta: Yayasan Gloria, 2014

Renungan Harian anak volume 3. Yogyakarta: Yayasan Gloria, 2014

Siswanto, Igrea. 100 cerita Alkitab untuk anak-anak: kumpulan cerita Alkitab populer. Yogyakarta: Penerbit ANDI (Penerbit Buku dan Majalah Rohani), 2010

Vries, Anne de. Intisari Cerita Alkitab: perjanjian lama ed. 6. Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 2009

Lingo, Susan L. Alkitabku sebelum tidur (1) : 23 cerita Alkitab perjanjian lama untuk si kecil. Jakarta: VISI Pressindo, 2001

Abt C Clark. “Game Definitions”.

M. Unik Safitri. “Apakah itu belajar dan pembelajaran? Bagaimana kah seseorang dikatakan telah belajar?”, 2011. 27 Februari 2014

“Game”

“A History of Video Game Consoles”. TIME. 5 Maret 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.