PERANCANGAN PERMAINAN MEDIA EDUKASI SEBAGAI PEMBELAJARAN CARA MELINDUNGI DIRI DALAM MENGHADAPI BENCANA ALAM BAGI ANAK USIA 7-12 TAHUN

Metha Melissa Wijoyono(1*), Alvin Raditya(2),


(1) UK PETRA
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Indonesia merupakan negeri yang rawan bencana. Bencana alam sendiri memang merupakan peristiwa yang mengerikan namun terkadang sulit untuk dihindari. Bencana-bencana tersebut kerap kali menelan korban baik berupa korban jiwa maupun kerugian secara materiil dan infrastruktur. Bencana tidak dapat dihindari namun dapat diredam apabila masyarakat mempunyai informasi yang cukup mengenai budaya perlindungan terhadap bencana. Informasi tentang perlindungan bencana juga penting untuk diketahui anak sebab biasanya pada saat terjadi bencana anak-anaklah yang paling sering menjadi korban.

Dari sebab itu pengetahuan mengenai budaya perlindungan bencana sangatlah penting. Oleh sebab itu diciptakanlah permainan SIAGA ini yang mengajarkan cara melindungi diri terhadap bencana bagi anak. Dirancang secara menarik dan mengedukasi anak, permainan ini diharapkan dapat membantu anak Indonesia mendapat pengetahuan mengenai cara perlindungan diri terhadap bencana.


Keywords


Perancangan Komunikasi Visual, Permainan Anak, Permainan Edukasi Menghadapi Bencana Alam

Full Text:

PDF

References


DR H.Asep Hilman, M.Pd. "Integrasi Pengurangan Resiko Bencana (PRB) Dalam Kegiatan Pendidikan di Sekolah." 2007.

Hurley, Elizabeth B. Perkembangan Anak. 2 vols. Gramedia, 1999.

Komite Tetap Antar Lembaga tentang Hak-hak Asasi Manusia dan Bencana Alam. "Buku Panduan IASC Komite Tetap Antar Lembaga tentang Hak-hak Asasi Manusia dan Bencana Alam." Melindungi Para Korban Bencana Alam. 2006.

Kompas Online. Gempa dan tsunami di Jawa Timur. 25 Juli 2006. .

Kusnadi, Lydia Maria and Drs. Ira Safira, M.Si. "Perancangan Kampanye Sosial Peningkatan Kewaspadaan Masyarakat terhadap Tsunami." Institut Teknologi Bandung, n.d.

Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia. Sejarah Periklanan Indonesia 1744-1984. 2006 Oktober 21.

Simatupang, David and Yanto Noor. "Print Ad dan Internet Meningkat : Trend Media Placement." Majalah Marketing . Vol. 12. n.d.

Suara Merdeka. Bias Gender dalam Masyarakat. Jakarta, 2014.

Triyono. Bertahan dari Gempa Bumi dan Tsunami. Jakarta: ESCAP, 2010.

Warsito. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2005.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.