Perancangan Clothing Mengenai Etika Sopan Santun Bagi Mahasiswa DKV di UKP

Sienny Sugiharto(1*),


(1) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Etika sopan santun pada mahasiswa khususnya mahasiswa Petra di DKV terasa sangat kurang sekali. Beberapa contohnya adalah kurangnya sikap menyapa, tidak menghargai orang lain, dan masih banyak lagi hal lainnya. Metode penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif melalui kuisioner dan wawancara kepada target, juga kepada orang yang berinteraksi dengan target. Dari hasil kuisioner, maka dibuatlah perancangan clothing yang berdesain komik dengan gaya pop art. Pemilihan perancangan tersebut dikarenakan mahasiswa menyukai komik dan fashion. Desain dan cerita yang diambil berdasarkan kebiasaan target audiens dari hasil wawancara. Perancangan ILM ini juga mempunyai jangka waktu yang lama karena media yang digunakan dapat digunakan berulang kali, seperti kaos, tas, casing galaxy tab, dan aksesoris berkerah. Perancangan ini untuk membuat mahasiswa selain ahli di bidangnya juga membekalinya dengan nilai-nilai kesopanan yang hal itu sangat penting di dalam memasuki dunia kerja nantinya.


Keywords


Iklan Layanan Masyarakat, Perancangan, Busana, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Alkatiri, Zeffry.”Iklan Lampau Indonesia dalam Wujud Komik “ Nasionalisme dan

Penafsiran 7.1 (April 2005): 68-70.

Bolhafner, Steve “ Alternative Comics”n.d.21 Januari 2014.

Goofar, Menyikapi Tingkah Laku Suami,. Jakarta : Penerbit Almahira, 2007.

Paksi,Yopi Jalu, 101 Tips kilat Berpikir Positif dan Berjiwa Besar. Yogyakarta

:Media Pressindo, 2010.

Kuntjara, Esther, Gender, Bahasa dan Kekuasaan. Jakarta: Gunung Mulia,2003.

Lestari,Rika, Sukses UN Bahasa Indonesia SMP. Jakarta: Media Pusindo,2008.

Januari 2014.

Losier, Michael. Law of Attraction. Trans.Subiyanto. Jakarta :Ufuk Press,2007.

Madjadikara,Agus, Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan. Jakarta: Gramedia .

Manesh, Stilla. Siap Kuliah. Jakarta : GagasMedia, 2009.22 Januari 2014. .

Mathews, Andre, Making friends:Strategi Bergaul Agar Diterima Orang Lain.

Jakarta: Grasindo,1998.

Mulyana. Rahasia Menjadi Guru Hebat. Jakarta: Grasindo, 2010. 24 Januari 2014. .

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, Jakarta,1996.

Shimp, Terence, Periklanan & Promosi. Trans.Revyani Sjahrial.Jakarta: Erlangga.

Soeroso, Andreas, Sosiologi I.Bogor :Yudhistira, 2008.

Sujoko, Albertus. Identitas Yesus & Misteri Manusia. Yogyakarta: Kanisius, 2009.

Surbakti, Awas Tayangan Televisi. Jakarta :PT Alex Media Komputindo, 2008.

Januari 2014 .

Suseno, Franz, 13 Tokoh Etika. Yogyakarta :Kanisius, 1997.

Sutomo,Djati. Pintar Menembus Pasar. Jakarta:Republika, 2005.

Templar, Richard, The Rules of Management. Trans.Yelfi.Jakarta :Erlangga, 2006.

Triadi,Andy dan Addy Sukma. Ayo Bikin Iklan.Jakarta: PT Elex Media n.d. 22

Februari 2014. .

Vicynthia, Jadi Jutawan dari Bisnis Sampingan.Yogyakarta :Galangpress, 2010.26

Februari 2014. < books.google.co.id/books?isbn=6028696080>.

Wibowo, Wahyu. Menuju Jurnalisme Beretika. Jakarta:Buku Kompas,2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.