PERANCANGAN BUKU ILUSTRASI DENGAN TEMA PERISTIWA KERUSUHAN MEI 1998

Levina Isada(1*),


(1) UK. Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan) merupakan isu yang paling kontroversial hingga saat ini. Fenomena kontroversial pada SARA sudah menjadi tidak ayal sejak zaman orde baru. Salah satu tragedi yang signifikansinya cukup krusial hingga saat ini adalah peristiwa kerusuhan Mei 1998. Etnis Tiong Hoa bak menjadi kawula bagi kaum pribumi. Mulai dari anarkisme, kekerasan seksual, hingga pembunuhan secara tidak manusiawi.
Pelbagai upaya dilakukan untuk memberantas diskriminasi dan rasisme. Namun, secara teleologis, hasil seolah-olah nihil. Terjadi sebuah diskrepansi yang cukup senjang antarkaum pribumi dengan Tiong Hoa. Salah satu upaya adalah dengan ilustrasi. Dalam skripsi ini, penulis memilih untuk membuat ilustrasi.
Di era visual ini, ilustrasi merupakan sebuah medium komunikasi yang efektivitasnya cukup mapan. Melalui buku ilustrasi, penulis membuat sebuah narasi mengenai tragedi Mei 1998. Metode yang digunakan adalah dengan membuat buku ilustrasi, yaitu ilustrasi realis. Bahasa yang digunakkan adalah sastra lama (campuran melayu dan angkatan 45) yang melambangkan perjuangan tokoh utama tersebut.
Terakhir, penulis simpulkan bahwa manusia tinggal di bawah langit yang sama, tanah yang sama, dan bumi yang sama. Tidak seharusnya manusia melakukan aksi diskriminasi terhadap SARA tertentu, terlebih sampai berusaha memusnahkan satu sama lain. Buku ini diharapkan dapat menyadarkan benak masyarakat pentingnya memupuk kebersamaan, dan menghilangkan rasa benci, sehingga peristiwa serupa tidak terulang dikemudian hari.

Keywords


Buku Ilustrasi, Kerusuhan

Full Text:

PDF

References


Tulip, I. “Paper Kasus Kerusuhan Ambon Berdarah”. 07 April 2012. 5 Februari 2014.

Peduli, S. “Laporan TGPF”. 12 September 2009. 5 Februari 2014.

Pradopo, Rachmat Djoko. Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Azzahrah, Faiqah. “Sejarah Ilustrasi Indonesia”. 22 Januari 2013. 06 Maret 2014.

Anatomy Lesson for Beginner. 21 Maret 2009. 07 Maret 2014.

Figure and Gesture Drawing. 12 Juni 2012. 07 Maret 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.