Perancangan Kampanye Sosial “Bubur Kertas Sahabat Kita”

Noviana Maulana(1*),


(1) UK. Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Jumlah pemakaian kertas dalam kehidupan sehari-hari semakin meningkat. penggunaan kertas
yang berlebihan tentu menyebabkan limbah kertas yang bukan hanya berdampak negatif bagi
lingkungan tetapi juga mahluk hidup. Kenyataannya hal ini tidak membuat orang sadar dan
memanfaaatkan limbah kertas yang ada menjadi kreaftivitas, sebagian besar hanya menggunakan
kertas bekas untuk dikilokan, dibuang, atau dibakar. Perlu adanya solusi kreatif yang mengajak
generasi muda untuk menanamkan peduli lingkungan melalui kreatifitas. Anak-anak kelas 1-6 Sekolah
Dasar (6-12 tahun) belum mengerti dan mengenal dengan baik apa itu kegiatan sosial menjadi sasaran
dari perancangan ini dimana usia anak merupakan masa potensial yang paling mudah untuk penanaman
dan menumbuhkan rasa sadar dan perduli lingkungan dengan cara mengembangkan kreatifitas melalui
limbah kertas yang didaur ulang dalam kegiatan Kampanye Sosial “ Bubur Kertas Sahabat Kita”.
Selain menanamkan kepedulian akan lingkungan kegiatan ini juga melatih kreatifitas pada anak yang
menerapkan prinsip Go Green yakni reuse dan recyle.

Keywords


Perancangan, Kampanye Sosial, Bubur Kertas, Anak

References


Kertas Menjadi Pulp Sebagai Bahan Pengemas

Produk Agroindustri. Palembang: Universitas

Sriwijaya.

Forsyth, (1993) .Patrick. Komunikasi Persuasif

yang Berhasil. Jakarta : Arcan.

Natural Resources Defence Council. (15 Mei

) “A Common Vision for Transforming the

Paper Industry: Striving for Environmental and

Social Sustainability”. Natural Resources

Defence Council. November 20, 2002.

df>

Nuradi, (1996). Kridalaksana H, et al. Kamus

Istilah Periklanan Indonesia. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Utama.

Ruslan, Rosady. (2001). Kiat dan Strategi

Kampanye Public Relation. Jakarta:

Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. (2004). Metode Penelitian

Public Elation dan Komunikasi. Jakarta : PT.

Raja Gofindo Perdana.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang

Kreatif dan Analisa Kasus Integrated Marketing

Communication. Jakarta : PT Gramedia Pustaka

Utama.

Setiawani, Mary Go. (2000). Menerobos Dunia

Anak. Jakarta: Yayasan Kalam Hidup.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.