PERANCANGAN KEMASAN MAKANAN RINGAN DI PUSAT OLEH-OLEH ZIBOND SITUBONDO

cindy ivena andrianto(1*), Aristarchus Pranayama Kuntjara(2),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Pusat Oleh-oleh Zibond Situbondo didirikan pada tanggal 2 Mei 2013. Seluruh makanan yang dijual berasal dari produsen yang berbeda-beda. Permasalahannya terletak pada kemasan makanan ringan yang ada disana kurang memenuhi standart kemasan dan brand identitynya tidak kuat untuk mewakili pusat oleh-oleh tersebut. Akibatnya, minat dan kepercayaan konsumen kurang, untuk itu perlu dilakukan redesain kemasan yang sesuai standart kemasan, berkonsep, dan identitasnya kuat.


Keywords


Pusat Oleh-oleh Zibond Situbondo, kemasan, identitas.

Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka,

Anggraeni, Yustina. (2006). ” Studi Aspek Visual Kemasan Produk Makanan Ringan untuk Anak-Anak Usia 6-12 Tahun yang Dipasarkan di Surabaya.” Skripsi Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra, Surabaya.

B. Bassin, Susan. (1998). Value-added Packaging Cut Through Store Clutter Marketing News, New Canaan.

Danger, E.P. (1992). Memilih Warna Kemasan. Jakarta: PT. Pustaka Binaman Pressindo.

Godjali, Venny Irawati. (2006). “ Studi Aspek Visual Kemasan Produk Makanan Produk Makanan yang Kreatif dari Bahan Dasar Kertas.” Skripsi Jurusan Desain Komunikasi Visual Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Klimchuk, Marianne & Sandra Krasovec. (2008). Desain Kemasan, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran Edisi Milenium, Jilid Ke-2. Benyamin Molan, Trans Jakarta Prenhallindo.

Krisnamurthi, Y. Bayu. (1994). Metode-metode Penelitian Sosial Ekonomi. Jakarta : Direktorat Perguruan Tinggi Swasta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.

Kuncoro, Mudrajad. (2009). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta : Erlangga.

Muchyar. Serba-Serbi Mimpi Tipografi.Concept Vol.1 5 ed. 2005: 10-15

Murphy, John and Michael Rowe. (1993). How to Design Trademark & Logo. Ohio : North Light Books.

Roth, Laszlo. (1992). Packaging Design an Introduction. New York : Von Nostrand Reinhold.

Saladin, Djaslim. (2003). Manajemen Pemasaran, Linda Karya Bandung.

Sigit, Soehardo. Marketing Praktis Edisi kedua, cetakan pertama, Yogyakarta: Liberty

Sihombing, Danton. (2001). Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Soehardi, Sigid. (1992). Pemasaran Praktis. Yogyakarta : BPFE.

Surakhmad, Winarno. (1994). Pengantar Penelitian Ilmiah , Dasar Metode Teknik. Jakarta : Utama Grafiti.

Swastha, Basu. (1987). Asaz-asaz Marketing Edisi ke-3, Jilid ke III, cetakan pertama, Yogyakarta: Liberty

W., Kristian S. (2004). Packaging Design, Materi D3 Komputer Percetakan dan Kemasan . Surabaya : STIKOM.

Wasito, Hermawan. (1995). Pengantar Metedologi Penelitian. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Umum.

Wirya, Irwan. (1999). Kemasan yang Menjual. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.