Perancangan E-Book Interaktif sebagai Pengenalan Tentang Konsep Keselamatan dalam Iman Kristen untuk Anak-Anak Sekolah Dasar

Audrey Angeline Tjourisa(1*), Aristarchus Pranayama Kuntjara(2), I Nengah Sudika Negara(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) Institut Seni Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Penggunaan gadget tidak hanya merambah orang dewasa, tapi juga anak-anak. Anak-anak di jaman ini cenderung tumbuh menjadi generasi yang tergantung pada gadget. Di satu sisi lain, anak-anak pada jaman ini juga membutuhkan pegangan dalam dasar iman mereka, agar tidak mudah tergerus arus jaman yang semakin mengaburkan nilai-nilai moral dan agama. Untuk itulah kemudian tercetus perancangan e-book ini sehingga anak-anak dapat mempelajari tentang konsep-konsep dasar keselamatan dalam keimanan Kristen melalui media yang disenangi dan mudah dipahami anak. Pembuatan media interaktif ini dimulai dengan mengumpulkan data- data, identifikasi masalah, penyusunan solusi, pembuatan konsep perancangan, eksekusi desain, dan evaluasi.

Keywords


E-book interaktif; keselamatan ; Kristen; anak-anak

Full Text:

PDF

References


Ferguson, Sinclair B. (2007). Kehidupan Kristen : Sebuah Pengantar Doktrinal. Surabaya: Penerbit Momentum.

Lembaga Alkitab Indonesia. (1998). Alkitab Terjemahan Baru. Jakarta : Lembaga Alkitab Indonesia.

Anonim. (2011). Konsep Keselamatan dalam Kekristenan. Diunduh tanggal 2 Maret 2014 dari http://gpdielshadai-tm.blogspot.com/2011/04/konsep- keselamatan-dalam-kekristenan_3793.html

Parenting Indonesia. (2013). 9 Tipe Kecerdasan Anak. Diunduh tanggal 8 Desember 2013 dari

Andrian , Erika. (2011). Perancangan Buku Cerita Alkitab dengan Ilustrasi Clay. Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain UK Petra Surabaya.

Limantoro, Carolina Cindy. (2006). Perancangan Buku Cerita Berseri tentang Cerita Perumpamaan Yesus Untuk Anak-Anak Usia 4-7 Tahun Beserta Media Pendukung Promosinya. Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain UK Petra Surabaya.

Suwandi , Yesarela. 2010. Perancangan Film Animasi Seri Cerita Alkitab Untuk Sekolah Minggu Gereja Bukit Zaitun. Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain UK Petra Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.