Kajian Poskolonial Terhadap Iklan Televisi Semen Tiga Roda “Pemandian 1000 Pintu”

Yessica Primalia Hartono(1*),


(1) UK. Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Semen Tiga Roda merupakan salah satu perusahaan semen yang terdapat di Indonesia. Ketatnya persaingan industri
semen di Indonesia membuat semen Tiga Roda menggunakan pendekatan yang berbeda untuk mengiklankan
produknya. Namun, pendekatan yang berbeda ini membuat iklan semen Tiga Roda versi “pemandian 1000 pintu” ini
cenderung mengandung makna tanda yang negatif. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui makna tanda yang
terdapat pada iklan televisi semen Tiga Roda “pemandian 1000 pintu”. Berdasarkan hipotesa awal, iklan yang
diproduksi oleh Fortune Indonesia Advertising ini menggunakan pendekatan poskolonial, yaitu menempatkan bangsa
barat dalam posisi yang lebih tinggi dan lebih dominan dibandingkan dengan bangsa timur. Iklan ini menampilkan
dominasi bangsa barat atas bangsa timur, yang menyebabkan timbulnya konsep hegemoni, yaitu konsep berpikir
yang beranggapan bahwa bangsa barat lebih baik daripada bangsa timur. Penelitian ini menggunakan teknik
deskriptif kualitatif, dengan menggunakan metode analisis semiotika menurut John Fiske dan poskolonial menurut
Edward Said. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam iklan ini mengandung konsep poskolonial dan hegemoni.

Keywords


Poskolonial, Barat, dan Timur.

Full Text:

PDF

References


KBBI Daring. Diunduh 19 Mei 2014 dari

http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi

Kurnianto, Rio. (2008). Metodologi Penelitian

Kualitatif; Sebuah Pengantar. Diunduh 29 Maret 2014

dari http://ridoreog.blogspot.com/2009/03/metodologipenelitian-

kualitati-sebuah.html

Kuswandi, Wawan. (1996). Komunikasi Massa Sebuah

Analisis Media Televisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Naratama. (2013). Menjadi Sutradara Televisi : Dengan

Single dan Multi-Camera. Jakarta: PT.Grasindo

Poespo, Goet. (2000). Aneka Gaun (Dreses).

Yogyakarta: Kanisius.

Ragas, Meg Cohen, & Kozlowski, Karen. (1998). Read

My Lips: A Cultural History of Lipstick. San Fransisco:

Chronicle Books.

Said, Edward W. (2010). Orientalisme. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Saptono. Teori Hegemoni Sebuah Teori Kebudayaan

Kontemporer. Diunduh 23 Mei 2014 dari

http://jurnal.isidps.

ac.id/index.php/artikel/article/view/387/562

Soubur, Alex. (2006). Semiotika Komunikasi.Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Suyanto, M. (2004). Aplikasi Desain Grafis Untuk

Periklanani. Yogyakarta: ANDI.

Swasty, Wirania. (2010). A-Z Warna Interior: Rumah

Tinggal. Bandung: Griya Kreasi.

Walder, Dennis. (1998). Post-colonial Literatures in

English : History, Language, Theory. Oxford:

Blackwell.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.