Analisis Penerapan Sparkling Surabaya sebagai City Branding di Bandara Internasional Juanda

Yenny Yenny(1*), Andrian Dektisa Hagijanto(2), Bernadette Dian Arini Maer(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bentuk penerapan Sparkling Surabaya di Bandara Internasional Juanda sebagai identitas visual dan media komunikasi visual (visual branding) yang belum dilakukan dengan optimal. Untuk melengkapi penelitian, penelitian juga diarahkan untuk menjawab Sparkling Surabaya sebagai identitas city branding yang diterapkan di Bandara Juanda, serta alasan tidak optimalnya penerapan Sparkling Surabaya di Bandara Juanda. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk memahami secara mendalam Sparkling Surabaya dan alasan penerapannya di Bandara Juanda. Hasil penelitian menunjukkan penerapan yang tidak optimal dalam konteks visual branding disebabkan karena belum adanya kerjasama antara Dinas Pariwisata Kota Surabaya dan PT Angkasa Pura I-kantor cabang Bandara Juanda. Visual branding yang digunakan Bandara Juanda adalah brand PT Angkasa Pura I dengan pertimbangan bahwa Bandara Juanda merupakan business airport.


Keywords


city branding, Sparkling Surabaya, visual branding, Bandara Juanda

Full Text:

PDF

References


Aaker, D.A. (1996). Building Strong Brands. New York: Free Press.

Airport pun Dirancang Khusus. (2013, Januari 30). Tabloid Aviasi. Diunduh 13 Januari 2014 dari http://tabloidaviasi.com/liputan-utama/airport-pun-dirancang-khusus/

Andalkan Wisata Kuliner dan Belanja. (2007, Januari 18). Jawa Pos, n.pag.

Angkasa Pura I. (2010). Rising Through New Team and New Commitment: Laporan Tahunan 2010 Annual Report. Diunduh 27 Januari 2014 dari http://www.angkasapura1.co.id/uploads/files/99c833ec8325d100e7dcee630e443aefb4415c4.pdf

Angkasa Pura Airports. (2014). Beroperasinya Terminal 2 Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Diunduh 6 April 2014 dari http://juanda-airport.com/

detail/berita/beroperasinya-terminal-2-bandara-internasional-juanda-surabaya

Anshori, Y. & Satriya, D.G. (2008). Sparkling Surabaya Pariwisata dengan Huruf L. Malang: Bayumedia Publishing.

Azwar, S. (2005). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Begini Rencana Angkasa Pura I Kembangkan Bandara. (2013, September 16). Tempo.co. Diunduh 5 Februari 2014 dari www.tempo.co/read/news/2013/ 09/16/090513600/Begini-Rencana-Angkasa-Pura-I-Kembangkan-Bandara

Berg, B.L. (2009). Qualitative Research Methods for the Social Sciences -7th ed. Boston: Pearson Education, Inc.

Bluebird Group. (2011). Silverbird Mercedes E-Class, Sparkles Sparkling Surabaya Even More. Diunduh 5 December 2013 dari http://www.bluebirdgroup.com/

news-update/silver-bird-mercedes-e-class-sparkles‘sparkling’-surabaya-even-more

Burns, N.M. (n.d.). Reputation Management: Maintaining Your Airport Brand in Challenging Times.” Diunduh 1 Desember 2013 dari www.aci-na.org/static/entransit/concurrent2_burns_ut.pdf‎

Gubernur Minta Desain Bandara Ngurah Rai Dirombak Total. (2009, April 28). Kompas.com. Diunduh 13 Maret 2014 dari kesehatan.kompas.com/read/2009/04/28/11201018/gubernur.minta.desain.bandara.ngurah.rai.dirombak.total

Hafiz, F. (2010). Visual Branding Bandara Adi Soemarmo Surakarta. Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Diunduh 24 Agustus 2013 dari http://eprints.uns.ac.id/4737/

House of Batik in Surabaya. (1998-2012). Surabaya Tourism. Diunduh 28 Maret 2014 dari www.eastjava.com/surabaya/house-of-batik-gallery. html

Indikator Besar Tidaknya Sebuah Aiport. (2013, Oktober 25). Tabloid Aviasi. Diunduh 13 Januari 2014 dari http://tabloidaviasi.com/liputan-utama/ 2623/

Indrianto, A.T.L. (2005, Desember 23). Badan Promosi Pariwisata, Sudah Waktunya Ada. Jawa Pos, n.pag.

- - - . (2010, Desember 24). Sudahkah Surabaya Menjadi Sparkling? Jawa Pos. Diunduh 10 April 2014 dari blogs.uc.ac.id/e-spirit/files/2012/03/ Sudahkah-Surabaya-Menjadi-Sparkling.Jawa-Pos.24-Desember-2010.Hal_.46.jpg

Kembangkan Wisata, Bikin Ikonnya. (2007, Mei 20). Jawa Pos, n.pag.

Kolaborasi Budaya Asia Timur. (2007, Juli 23). Jawa Pos, n.pag.

Konsep Modern Business Airport yang Ramah Lingkungan. (2013, Maret-Mei). Majalah Angkasa Pura, 24-26. Diunduh 6 April 2014 dari http://www.angkasapura1.co.id/majalah

Okupansi Hotel di Surabaya Turun. (2007, Juni 19). Jawa Pos, n.pag.

Page, S.J. & Hall, C.M. (2003). Managing Urban Tourism. Harlow: Prentice Hall.

Penandatanganan Kerjasama Komersial untuk T2 Bandara Juanda Surabaya. (2013, September-Oktober). Majalah Angkasa Pura, 16. Diunduh 6 April 2014 dari http://www.angkasapura1.co.id/ majalah

Penumpang Juanda Terakhir 2013 dan Pertama 2014 Dapat Door Prize. (2013, November-Desember). Majalah Angkasa Pura, 32. Diunduh 6 April 2014 dari http://www.angkasapura1.co.id/majalah

Perkenalkan Tarian Sparkling Surabaya. (2017, Mei 27). Jawa Pos 7 May 2007, n.pag.

Perlu Pencitraan Baru Bandara. (2009, Maret 4). Pesan disampaikan dalam www.skyscrapercity.com/ showthread. php?p=33177102

Punya Banyak Mimpi Kembangkan Wisata Kota. (2012, Mei 10). Jawa Pos, 29, 39.

Puspita, L.E. (2008). Transformasi Identitas Kota Surabaya dalam Sparkling Surabaya sebagai Branding Kota. Universitas Airlangga, Surabaya.

Satriya, D.G. (2011). Perilaku Keorganisasian Surabaya Tourism Promotion Board. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 16 (1), 13-23. Diunduh 5 Desember 2013 dari http://ejournal.stptrisakti.ac.id/index.php/jurnal-

pariwisata/article/view/9

Sepak Terjang Yusak Anshori dan Surabaya Tourism Promotion Board (2007, Mei 20). Jawa Pos, n.pag.

Singapore Airlines Mendarat Lagi di Juanda. (2013, Juli 27). Fajar Online. Diunduh 30 Januari 2014 dari http://www.fajar.co.id/bisnisekonomi/2865742_5664.html

Sparkling Suroboyo-Upaya Promosi Wisata Kota Surabaya. (2007, Mei 6). Suarasurabaya.net. Diunduh 6 Februari 2014 dari http://ekonomibisnis. suarasurabaya.net/news/2007/40709-Sparkling-Suroboyo-Upaya-Promosi-Wisata-Kota-Surabaya

Suasana Mudik di Bandara Juanda Belum Terasa. (2013, Juli 31). Berita Trans. Diunduh 5 Februari 2014 dari beritatrans.com/2013/07/31/suasana-mudik-di-bandara-juanda-belum-terasa/

Surabaya Makin Gemerlap. (2006, Mei 20). Jawa Pos, n.pag.

Surabaya. Dinas Pariwisata Kota. (2013). Calendar of Events Surabaya Bulan Agustus-Oktober 2013. Surabaya.go.id. Diunduh 28 Maret 2014 dari http://www.surabaya.go.id/infopenting/detail.php?id=3202

Tarif Listrik Naik, Pengguna Jasa Bandara Juanda Tak Akan Dibebani. (2013, April 1). Suarasurabaya.net. Diunduh 5 Februari 2014 dari www.suarasurabaya.net/fokus/11/2013/117038-Tarif-Listrik-Naik,-Pengguna-Jasa-Bandara_Juanda-Tak-Akan_Dibebani

Widhiastra, I M.K. (2014). About Me. I Made Krisna’s Times. Diunduh 28 Maret 2014 dari http://times.imkrisna.com/about-me/

Wutkate. (2013). Museum Sempoerna Photo: Shuttle Bus. Diunduh 10 April 2014 dari www.tripadvisor.com.my/LocationPhotoDirectLink-g297715-d1744950-i58991963-Museum_Sempoerna-Surabaya_East_Java_ Java.html

Zul, W. (2014). Bercuti di Surabaya, Jawa Timur Indonesia Mac 2014 Day 4 (Last Day). Diunduh 27 April 2014 dari http://wanzultravelogue.blogspot. com/2014/04/bercuti-di-surabaya-jawa-timur.html

Tybout, A.M. & Calkins, T. (2005). Kellogg on Branding. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.