PERANCANGAN FILM ANIMASI PENDEK LEPASAN BERJUDUL PUSENTASI SEBAGAI MATTE PAINTER DAN ANIMATOR
Keywords:
Customer Satisfaction, Service Quality, Waiting TimeAbstract
Indonesia memiliki banyak wisata alam yang indah dan unik. Namun beberapa kekayaan alam Indonesia tidak begitu populer dikalangan masyarakat. Padahal banyak cerita menarik yang ada di dalamnya. Toponimi adalah cerita legenda mengenai asal usul suatu tempat. Namun kurangnya publikasi, cerita rakyat Indonesia menjadi kurang dikenal masyarakat Indonesia. Terlebih media dalam penyampaian cerita yang kebanyakan hanya secara verbal membuat cerita rakyat kurang diminati terutama oleh generasi muda. Salah satu cerita legenda yang menarik adalah cerita Pusentasi yang berasal dari Sulawesi tengah. Oleh karena itu diperlukan media dalam format film animasi pendek untuk mempublikasikan legenda cerita rakyat secara lebih luas khususnya untuk anak-anak. Metodologi perancangan difokuskan pada tahapan produksi animasi pendek film Pusentasi sebagai upaya dalam memodernisasi cerita Pusentasi. Produksi animasi dan matte painting menjadi pendukung untuk mewujudkan film animasi yang menarik bagi khalayak sasaran yaitu anak-anak usia 5 sampai 12 tahun, sehingga dalam prosesnya cerita diubah untuk menyesuaikan dengan khalayak sasaran.References
Benefits Of Using Animation In Education. (n.d.). Alternative View Studios. Retrieved February 15, 2024, from https://avstudios.com/post/benefits-of-using-animation-in-education/
Cleall, S. (2022, July 29). The History of Matte Painting. MattePaint. Retrieved February 15, 2024, from https://mattepaint.com/blog/the-history-of-matte-painting/
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
DeGuzman, K. (2021, September 19). What is Character Design — Tips on Creating Iconic Characters. StudioBinder. Retrieved February 15, 2024, from https://www.studiobinder.com/blog/what-is-character-design-definition/
Dewantara, A. (n.d.). Pesona Wisata Pusat Laut (Pusentasi) Kota Palu, Donggala. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara. Retrieved February 15, 2024, from https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-palu/baca-artikel/13856/Pesona-Wisata-Pusat-Laut-Pusentasi-Kota-Palu-Donggala.html
fasli, & Sardjunani, N. (2005). Increasing literacy in Indonesia. UNESCO.
An Introduction to Matte Painting | Art Rocket. (n.d.). CLIP STUDIO PAINT. Retrieved February 15, 2024, from https://www.clipstudio.net/how-to-draw/archives/156700
kusmayadi, I. (2008). Be Smart Bahasa Indonesia. PT Grafindo Media Pratama.
Rekrutmen Praktisi Pembuatan Produk Pemodernan Sastra | Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa - Kemendikbudristek. (2022, April 28). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Retrieved February 15, 2024, from https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/berita-detail/3505/rekrutmen-praktisi-pembuatan-produk-pemodernan-sastra
Sejarah Badan Bahasa | Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa - Kemendikbudristek. (n.d.). Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Retrieved February 15, 2024, from https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/sejarah
Sugiono. (2013). METODEPENELITIANKUANTITATIF,KUALITATIF,DANR D. Alfabeta. https://www.scribd.com/document/391327717/Buku-Metode-Penelitian-Sugiyono
Sullivan, K., Schumer, G., & Alexander, K. (2008). Ideas for the Animated Short: Finding and Building Stories. Focal Press.
Thomas, F., & Johnston, O. (1995). The illusion of life : Disney animation. Disney Editions.
Toponymy | Place Names, Origins & Meanings. (n.d.). Britannica. Retrieved February 15, 2024, from https://www.britannica.com/science/toponymy