Perancangan Gaun Pre-Wedding Menggunakan Fabric Embellishment dengan Teknik Custom Laser Cut Terinspirasi dari Narasi Alkitab

Rebecca Sharon Wong(1*), Luri Renaningtyas(2), Evania Yessica(3),


(1) Universitas Kristen Petra
(2) Universitas Kristen Petra
(3) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Pada zaman modern ini, foto pre-wedding menjadi tren dan dapat dikatakan penting bagi acara resepsi pernikahan yang akan diadakan di Indonesia. Salah satu aspek penting dalam pre-wedding adalah gaun pre-wedding. Konsep di balik gaun pre-wedding itu pentingĀ  karena dapat menunjang tema dan konsep foto pre-wedding. Unsur dalam gaun adalah model gaun dan fabric embellishment. Salah satu teknik pembuatan fabric embellishment yang masih jarang digunakan dengan maksimal di Surabaya, namun memiliki nilai artistik dan mewah adalah teknik laser cut. Perancangan ini ingin mengeksplorasi dan memaksimalkan lebih lanjut penggunaan teknik laser cut. Sejalan dengan pre-wedding yang memiliki konsep dan tema tertentu, inspirasi di balik perancangan ini adalah narasi Alkitab di mana calon pengantin wanita dapat mengekspresikan diri sebagai seorang wanita Kristen. Perancangan ini menggunakan metode design thinking dengan pendekatan kualitatif. Fokus perancangan ini adalah membuat fabric embellishment dengan menerapkan teknik custom laser cut yang motifnya dibuat secara khusus terinspirasi dari narasi Alkitab dengan produk akhir tiga gaun couture. Hasil dari perancangan ini dapat menjadi tren baru dan memberikan inovasi konsep pre-wedding di Surabaya karena penggunaan teknik laser cut yang memvisualisasikan detail-detail ornamen yang terinspirasi dari narasi Alkitab secara artistik dan unik.


Keywords


gaun, pre-wedding, fabric embellishment, laser cut, Alkitab.

Full Text:

PDF

References


Chrisdion, M. (2022). Beyond The Miracle: Makna di balik 7 mukjizat Yesus. Malang: Literatur SAAT.

Genova, A. & Moriwaki, K. (2016). Fashion and technology: a guide to materials and applications. New York: Bloomsbury Publishing.

Rossanty, Y., Nasution, M. D. T. P., & Ario, F. (2018). Consumer behaviour in era millennial. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah AQLI.

Tosi, F. (2019). Design for ergonomics. Switzerland: Springer Cham.

Warna Indonesia. (2023, 31 August). Tren gaun prewedding yang bisa kalian coba. Retrieved from https://warnaindonesiaphoto.com/tren-gaun-prewedding-yang-bisa-kalian-coba/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.