PERANCANGAN DAILY WEAR ANAK DENGAN MOTIF PATCHWORK ILUSTRASI YANG BERMANFAAT UNTUK SENSORI ANAK USIA 3-5 TAHUN
Keywords:
human resource information system, decision support system, PIPRECIA method, EDAS methodAbstract
Perancangan daily wear anak dengan motif patchwork ilustrasi yang bermanfaat untuk Sensori Anak usia 3-5 tahun. Perancangan ini menggunakan metode design thinking yang melibatkan pengembangan konsep dan prototipe pakaian berdasarkan analisis kebutuhan sensori anak, desain motif patchwork yang menarik, dan kenyamanan anak. Pada masa pertumbuhan, anak-anak usia 3-5 tahun berada dalam fase kritis perkembangan sensori. Pada fase anak-anak di umur 3-5 tahun ini, stimulasi sensori sangat penting untuk mendukung perkembangan motorik, kognitif, dan emosional mereka. Sehingga pada perancangan desain pakaian ini berfokus pada stimulasi sensori melalui penggunaan tekstur, warna, dan pola motif patchwork yang beragam dan memadukan elemen-elemen yang dapat merangsang sensori anak secara positif, yaitu dengan meningkatkan kemampuan motorik halus, membantu pengenalan warna dan pola, serta memperkaya pengalaman taktil mereka Perancangan ini memberikan kontribusi pada pengembangan desain pakaian anak yang tidak hanya mempertimbangkan aspek fungsional dan estetika, tetapi juga memperhatikan pengalaman sensori anak.
References
Bebeclub. (2023, February 15). 12 Ide Sensory Play yang Seru untuk Bayi dan Manfaatnya. Diakses dari https://bebeclub.co.id/artikel/ibu-perlu-tahu/4-6-bulan/sensory-play-untuk-bayi.
Suryaningrum, Febriyani. (2023). Manfaat Sensory Play untuk Anak dan Ide Permainannya. Diakses dari https://www.nutriclub.co.id/artikel/stimulasi/2-tahun/sensory-play.
Pratiwi, Reikha. (2023). Perbedaan Perkembangan Sensorik dan Motorik Anak Balita. Diakses dari https://hellosehat.com/parenting/anak-1-sampai-5-tahun/perkembangan-balita/sensorik-dan-motorik-anak-balita/.
Morinaga Platinum. (2021). Manfaat Sensory Play Untuk Anak 1-2 Tahun. Diakses dari https://morinagaplatinum.com/id/milestone/manfaat-dan-ide-sensory-play-menarik-untuk-anak-1-2-tahun#:~:text=Salah%20satu%20DIY%20mainan%20anak,sama%20dalam%20mangkuk%20yang%20sama.
Sari, A. I. C., Karlina, E., & Herwati, K. (2021). Utilization of Patchwork and Online Marketing as a Means to Increase Entrepreneurial Creativity for Students of SMAN 21 Bekasi. KANGMAS: Karya Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 2(3), 305-311.
Zakawali, Gifari. (2023). 10 Jenis Kain Katun dan Karakteristiknya untuk Pakaian. Diakses dari https://www.orami.co.id/magazine/kain-katun?page=all
Fiska. (n.d). Teori Piaget: Tahapan Perkembangan Kognitif, Literasi Gramedia. Diakses dari https://www.gramedia.com/literasi/teori-piaget/.
Budhianto. ZP Heru (2022). Mendidik Anak "Zaman Now" Menjadi Cerdas dan Berkarakter. https://www.educastudio.com/news/mendidik- anak-zaman-now-menjadi-cerdas-dan-berkarakter.
Indriani, Uci. (2019). Masa Peka Anak.
https://www.kompasiana.com/uciindriani/5d7df998097f360927289152/masa-peka-anak
Marotz, L. R., & Allen, K. E. (2016). Developmental Profiles: Pre-Birth Through Adolescence. Boston: Cengage Learning.
Neuropedia. (2021). Cognitive Development Milestones for 3-5-Year-Olds. Retrieved from Neuropedia: Children's Neuroscience Center: https://neuropedia.ae/Blog/cognitive-development-milestones-for-3-5-year-olds
Anna Surti Ariani . (2024). Fase Perkembangan Kognitif Anak 3-5 Tahun yang Wajib Diketahui. Diaksesdari Https://www.generasimaju.co.id/artikel/3-tahun/tumbuh-kembang/perkembangan-kognitif-anak-3-5-tahun
Birgita Lasapu, P., & Pratama Sutanto, R. (2015). Perancangan Media
Pembelajaran Interaktif Tentang Pakaian Adat Dalam Bentuk Boneka Tangan Untuk Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, 1(6).
Hayati, F., Cut Marlini, dan, & Bina Bangsa Getsempena, U. (2021). PERAN
KELUARGA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Kasus Di PAUD Gaseh Bunda di Kabupaten Aceh Besar). In Jurnal Ilmiah Mahasiswa (Vol. 2, Issue 2).
Putri, Budhayani, & Widiartini. (2023). PEMANFAATAN LIMBAH PERCA
PADA PENGEMBANGAN BUSANA READY TO WEAR MENGGUNAKAN TEKNIK PATCHWORK DENGAN SUMBER IDE PANDEMI COVID-19. Jurnal Bosaparis : Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 14(2).