PERANCANGAN TOTE BAG DENIM MENGGUNAKAN TEKNIK BLEACHING BERSAMA UMKM REPARASI TAS SURABAYA

Aurelia Anggita Susetio(1*), Deddi Duto Hartanto(2), Dibya Adipranata Hody(3),


(1) DKV UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Lifestyle adalah ekspresi diri yang mencerminkan minat dan aktivitas individu. Dalam menunjang aktifitas sehari-hari guna menunjang lifestyle tersebut, mahasiswa mempedulikan penampulannya. Di dalam fashion lifestyle tercangkup beberapa hal di dalamnya yang salah satunya adalah tas. Pada saat ini tas tidak hanya ditinjau melalui fungsi saja tetapi estetikanya. Tetapi pada saat ini, tas yang tersedia di pasaran belum sepenuhnya memenuhi kebutuhan gaya hidup mahasiswa. Untuk mengatasi hal ini, peneliti berkolaborasi dengan Reparasi Tas Surabaya untuk membentuk rancangan tote bag denim dengan teknik bleaching. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan tas yang sesuai dengan gaya hidup mahasiswi dan mendorong kreativitas dan keterlibatan komunitas. Denim dipilih sebagai bahan utama karena popularitasnya di kalangan mahasiswa. Melalui survei dan wawancara, peneliti mengidentifikasi kebutuhan mahasiswa akan tas yang praktis, modis, dan berkapasitas besar. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif sebagai pengolahan data. Diharapkan dengan adanya penelitian ini tercipta produk yang kreatif dan inovatif sehingga dapat memenuhi kebutuhan gaya hidup mahasiswi. Penelitian ini akan berlangsung dari Juli hingga Desember 2023.

Keywords


Bleaching, Denim, Tote Bag

References


Abdullah, Ikhsan. 2016. ‘“pakaian, tas, sepatu dan aksesoris sebagai barang gunaan yang wajib dilakukan sertifikasi halal”.’

Kotler, Keller. 2008. Manajemen Pemasaran.

Media, Kompas Cyber. 2023. ‘Pengertian Fashion Menurut Ahli’. KOMPAS.com. Retrieved 8 August 2023 (https://www.kompas.com/skola/read/2023/06/23/130000069/pengertian-fashion-menurut-ahli).

Pearl, Diana. 2022. ‘Why Tote Bags Are Back in Fashion – and Likely to Stay That Way’. The Business of Fashion. Retrieved 28 August 2023 (https://www.businessoffashion.com/articles/retail/tote-bag-popularity/).

Prana, Hikmat. 2022. ‘Pengertian Tas: Definisi, Sejarah, Fungsi dan Jenis-jenisnya’. artikel.oscas.co.id. Retrieved 27

September 2023 (https://oscas.co.id/artikel/pengertian-tas/).

Wirachmi, Ajeng. 2023. ‘4 Jenis Tas yang Cocok Bagi Mahasiswi, Simpel tapi Tetap Gaya’. GenSINDO. Retrieved 28 August 2023 (https://gensindo.sindonews.com/read/1149499/700/4-jenis-tas-yang-cocok-bagi-mahasiswi-simpel-tapi-tetap-gaya-1689066454).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.