ANALISA VISUALISASI SOCIAL ANXIETY DISORDER TAIJIN KYOFUSHO (対人恐怖症) PADA KARAKTER HITORI GOTO DALAM ANIME BOCCHI THE ROCK!

Mario Sukma Dinoto(1*), Listia Natadjaja(2), Daniel Kurniawan(3),


(1) UK Petra
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Produksi animasi semakin populer setiap waktunya, salah satu negara yang sering kali menghasilkan animasi yang populer adalah negara Jepang. Salah satunya adalah anime yang populer dan digemari banyak orang yaitu Bocchi the Rock!. Salah satu yang membuat anime tersebut populer adalah karakter utamanya yang bernama Hitori Goto dengan karakteristiknya yang ikonik. Penelitian ini dikaji dengan memakai semiotika John Fiske melalui tiga level proses pengkodean dari teori The Codes of Television yaitu level realitas, level representasi, dan level ideologi namun level yang akan dicari adalah level realitas dan level representasi. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan diharapkan mampu untuk menggambarkan dan mendeskripsikan secara sistematis. Data sumber primer pada penelitian ini berasal dari dalam anime tersebut dan data sekunder berasal dari buku serta jurnal yang terkait dengan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan visualisasi Social Anxiety Disorder taijin kyofusho (対人恐怖症) pada karakter Hitori Goto sehingga penelitian ini dapat bermanfaat dan dapat menjadi sumber referensi untuk penelitian mendatang mengenai analisis visualiasis dari suatu karakter dengan metode yang serupa.


Keywords


Anime; Character; Bocchi the Rock!

Full Text:

PDF

References


Aghnia, C. M. (2012) PERANCANGAN ANIME COMMUNITY CENTER.

Arlina, T., & Nuraeni, R. (2022). John Fiske's Semiotic Analysis: Representation of Social Criticism in Pretty Boys

Ariesta, F & Muliastuti, L. (2017). Diskriminasi Ras Dalam Film The Help Karya Tate Taylor (Kajian Feminisme).

Asrori, M., & Ali, M. (2012). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Bumi Aksara.

Brenner, R. E. (2007). Understanding Manga and Anime. Greenwood Publishing Group.

Fiske, J. (2007). Cultural and Communication Studies Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Jalasutra

Fiske, J. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi Edisi Ketiga. PT Rajagrafindo Persada.

Hardani, Andriani, H., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Istiqomah, R. R., Fardani, R. A., Sukmana. D. J., & Auliya, N. H. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu

Iwata, Y., Suzuki, K., Takei, N., Toulopoulou, T., Tsuchiya, K. J., Matsumoto, K., Takagai, S., Oshiro, M., Nakamura, K., & Mori, N. (2011). Jiko-shisen-kyofu (fear of one’s own glance), but not taijin-kyofusho (fear of interpersonal relations), is an east Asian culture-related specifific syndrome. Australian and New Zealand Journal of Psychiatry. 45, 148–152.

Lim, L. (2006). Taijin-Kyofu-Sho: A subtype of social anxiety. Open Journal of Psychiatry, 3(4), 393- 398.

Maeda, F., & Nathan, J. H. (1999). Understanding taijin kyofusho through its treatment, Morita Therapy. Journal of Psychosomatic Research, 46(6), 525-530.

Maulana, K. E., & Riyanto, A. D. (2014). Pembuatan Animasi Interaktif Pembelajaran Gitar Tingkat Pemula. Juita: Jurnal Informatika, 3(1), 35-41.

National Institute of Mental Health. (2022). Anxiety Disorder: More Than Just Shyness. https://www.nimh.nih.gov/health/publications/social-anxiety-disorder-more-than-just- shyness

Ningsih, S. R., Ali, M., & Yuniarni, D. (2018). HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN PERILAKU ASOSIAL PADA ANAK DI TK NEGERI PEMBINA PONTIANAK. Jurnal Pendidikan dan Manajemen, 7(9), 1-15.

Social anxiety disorder (social phobia). (2021, June 19).

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/social-anxiety-disorder/diagnosis- treatment/drc20353567#:~:text=DSM%2D5%20criteria%20for%20social,with%20intense %20fear%20or %20anxiety

Stefaniak, T. (2012) Erythrophobia – problems of diagnostics and treatment. Polish Journal of Surgery, 84(6), 322–327.

Suzuki, K., Takie, N., Kawai, M., Minabe, Y., & Mori, N. (2003) Is Taijin Kyofusho a culture-bound syndrome?. American Journal of Psychiatry, 160(7), 1358.

Suwasono, A. A. (2016). PENGANTAR ANIMASI 2D Metode Dasar Perancangan Animasi Tradisional. Badan Penerbit ISI Yogyakarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Utam, W. D. (2022). ANALISIS BUDAYA MALU JEPANG DENGAN TAIJIN KYOFUSHO.

Wahjuwibowo, I. S. (2019). Semiotika Komunikasi Aplikasi Praktis Bagi Penelitian dan Skripsi Komunikasi. Penerbit Mitra Wacana Media.

Zainiya, M. A., & Aesthetika, N. M. (2022). Analisis Semiotika John Fiske Tentang Body Shaming dalam Film Imperfect


Refbacks

  • There are currently no refbacks.