PERANCANGANFOTOGRAFI BERTEMA SELF LOVE DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI 3D FASHION

Monika Sophie L.R.(1*), Luri Renaningtyas(2), Puji Sulistyorini(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Fotografi fesyen juga memainkan peran penting dalam mengubah persepsi orang tentang standar kecantikan yang sempit dan mempromosikan inklusivitas dengan mendorong orang untuk menerima dan menghargai penampilan yang beragam. Dalam konteks sosial yang terus berkembang, pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana fotografi fashion dapat mempengaruhi harga diri dan sel-love dapat memberikan wawasan berharga tentang pengembangan diri yang positif dan perubahan sosial yang lebih inklusif. Melalui pemahaman tersebut, diharapkan akan muncul pendekatan baru dalam industri fotografi fashion yang lebih memperhatikan keragaman dan mendukung pembentukan identitas diri yang positif. Perkembangan teknologi pemodelan 3D dan animasi juga digunakan dalam perancangan editorial fashion 3D ini untuk menunjukkan konsep self-love. Konsep self-love dapat dikombinasikan dengan teknologi ini untuk menciptakan mahakarya visual yang memotivasi dan menginspirasi. Memberikan kesadaran kepada masyarakat khususnya kalangan muda tentang pentingnya self-love dan mengeksplorasi fotografi fashion dengan penggunaan 3D fashion. Pentingnya self-love dapat dilihat saat ini dengan berkembangnya gerakan body positivity, kesadaran kesehatan mental, dan pergeseran paradigma yang lebih luas dalam kecantikan. Dalam konteks ini, self-love bukan sekedar konsep teoritis, melainkan sebuah gerakan sosial yang mendukung pengembangan diri secara positif. Perancangan ini didasari dengan tujuan mengedukasi masyarakat umum akan pentingnya kesadaran tentang mental health dan self-love. Penulis berharap rancangan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan menaikkan kesadaran akan mental health dan self love.


Keywords


fotografi; fashion; editorial; 3d; self-love; mental health

Full Text:

PDF

References


Soerjoatmodjo, Y. (2011)

http://ruinmages.wordpress.com/2011/02/25/yudhi-soeratmojo/

Adams, A. (2019). The Camera: An Introduction to Photography. New York, NY: Pearson.

Barthes, R. (1981). Camera Lucida: Reflections on Photography. New York, NY: Hill and Wang.

Sontag, S. (1977). On Photography. New York, NY: Farrar, Straus and Giroux.

Barthes, R. (1981). Camera Lucida: Reflections on Photography. New York, NY: Hill and Wang.

Hollander, A. (2012). Fashion Photography: From Studio to Runway. London, UK: Thames & Hudson.

Seymour, S. (2018). Fashion Photography: The Story in 180 Pictures. New York, NY: Phaidon Press.

Golby, J. (2019). Fashion Photography in the Digital Age: Technological Advances and Creative Possibilities. Journal of Fashion Technology & Textile Engineering, 7(2), 1-7. doi:10.4172/2329-9568.1000225

Higgins, K. (2020). The Impact of Technology on Fashion Photography: From Film to Digital. Fashion Theory: The Journal of Dress, Body & Culture, 24(2), 291-313. doi:10.1080/1362704X.2020.1754153

Miller, L. (2018). Fashion Photography and Digital Culture: Aesthetic Changes and New Creative Opportunities. International Journal of Fashion Studies, 5(1), 71-89. doi:10.1386/infs.5.1.71_1

Kim, H. (2017). A Study on the Application of 3D Modeling Technology in Fashion Design. Journal of the Korean Society of Fashion Design, 17(1), 63-74. doi:10.11111/jksfd.2017.17.1.63

Park, J., & Lee, S. (2019). Virtual Draping: Evaluating the Effectiveness of 3D Modeling Software in Fashion Design Education. Fashion Practice: Design, Creative Process and the Fashion Industry, 11(2), 245-262. doi:10.1080/17569370.2019.1629993

Tomico, O., & Nagai, Y. (Eds.). (2020). Digital Fashion Futures: 3D Printing and the Future of the Fashion Industry. Cham, Switzerland: Springer.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.