STUDI PERANCANGAN VISUAL BRANDING KOTALAMA KETIKA DITERAPKAN REBRANDING MENGGUNAKAN PENDEKATAN SEMIOTIKA VISUAL PEIRCE

Jeven Tanuwijaya(1*),


(1) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


KotaLama merupakan brand pujasera yang memiliki beragam pilihan makanan dengan visual branding yang mengarah ke pecinan kuno. Dalam perkembangan bisnis pujasera ini, KotaLama memiliki branding yang cukup unik, namun setelah beberapa waktu kemudian mereka memutuskan untuk melakukan rebranding visual sosial media mereka untuk meningkatkan brand awareness. Dalam penelitian digunakan metode semiotika visual untuk membuktikan bahwa semiotika dapat berpengaruh pada brand awareness. Metode pengumpulan data menggunakan metode kualitatif dan menggunakan metode sampling purposif. Setelah itu data yang telah dikumpulkan secara online kemudian dianalisis menggunakan metode semiotika visual untuk dikomparasikan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa efektif visual branding yang diterapkan dapat mempengaruhi Brand Awareness. Ditemukan bahwa visual branding dapat mempengaruhi brand awareness konsumen dalam menyampaikan pesan dari desainer kepada konsumen. Terindentifikasi bahwa Kotalama Gerobak Kuliner sebelum rebranding kurang dapat menyampaikan pesan ke konsumen. Konsumen lebih memahami KotaLama sebagai tempat makan yang bernuansa Indonesia, bukan Pecinan Kuno. Ditemukan bahwa setelah dilakukan rebranding, konsumen lebih dapat memahami pesan dari desainer brand Kotalama. Brand Kotalama sedang berada pada tingkatan Brand Recognition sehingga mulai dikenal oleh para audience-nya.


Keywords


Visual Branding, Kotalama, Semiotika Visual, Brand Awareness

References


Ahonen, M. (2008). Corporate Re-Branding Process: A Preliminary Theoretical framework. European Journal of Marketing.

Ibrahim, A. (2018). Metodologi Penelitian. Gunadarma Ilmu.

Kartika, N. (2016). BUDAYA VISUAL TIONGHOA PADA MASJID MERAH PANJUNAN CIREBON. : 2nd INTERNATIONAL CONFERENCE ON

CREATIVE MEDIA, DESIGN & TECHNOLOGY.

Kotler, P. (1997). Dasar-dasar pemasaran. Prenhallindo.

Lavioe, K. A. (2015). Instagram and Branding: A Case Study of

Dunkin' Donuts (2nd ed., Vol. 6). Elon Journal of Undergraduate Research in Communications. http://www.inquiriesjournal.com/articles/1364/instagram-and-branding-a-case-study-of-dunkin-donuts

Piliang, Y. A. (2003). Hipersemiotika: tafsir cultural studies atas matinya makna. Jalasutra.

Sanjaya, S. (2015). PENGARUH PROMOSI DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PT. SINAR SOSRO MEDAN (Vol. 16).

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis. https://doi.org/10.30596/jimb.v16i2.961

Sobur, A. (2002). Analisis Teks Media : suatu pengantar untuk analisis wacana, analisis semiotik, dan analisis framimg. Bandung Remaja Rosda Karya.

Surjaatmadja, S. (2008). Dasar-dasar Manajemen Merek: Alat Pemasaran untuk Memenangkan Persaingan. Bayumedia.

Tinarbuko, S. (2008). Semiotika komunikasi visual: metode analisis tanda dan makna pada karya desain komunikasi visual. Jalasutra.

Vera, N. (2014). Semiotika dalam riset komunikasi. Ghalia Indonesia.

Wheeler, F. (2011). Destination Brand Identity, Values, and Community: A Case Study From Rural Victoria, Australia. Journal of Travel & Tourism Marketing. https://doi.org/10.1080/10548408.2011.535441

Yunitari, M., Sudirtha, I. G., & Angendari, M. D. (2018). 178 PENGEMBANGAN TATA RIAS FANTASI DENGAN SUMBER IDE MITOLOGI CHINA. Jurnal Bosaparis.

Hearst, P. A. (2005). Chinese Folk Art, Festivals, and Symbolism in Everyday Life.

Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Wisdom, J. P., Duan, N., &

Hoagwood, K. (2015). Purposeful Sampling for Qualitative Data Collection and Analysis in Mixed Method Implementation Research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 42(5), 533–544. https://doi.org/10.1007/s10488-013-0528-y

Rynning, M. (2021). Local Traditions and Global Inspiration: Design Students in Singapore and Norway. International Journal of Art and Design Education, 40(1), 216–231. https://doi.org/10.1111/jade.12346

Werner, E. T. C. (2005). Myths and Legends of China, by Title: Myths and Legends of China Character set encoding: ISO-8859-1 *** START OF THIS PROJECT GUTENBERG EBOOK MYTHS AND LEGENDS OF CHINA ***. www.gutenberg.net

Okafor, M. U. (n.d.). Okafor CHINESE COLOUR SYMBOLISM: IT’S SIGNIFICANCE TO THE IGBO (Vol. 4, Issue 1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.