PERANCANGAN BUSANA WANITA READY-TO-WEAR DENGAN APLIKASI AKSESORIS UPCYCLE DI SURABAYA

Theo Daniel Cornelius(1*), Purnama Esa Dora Tedjokoesoemo(2), Evania Yessica(3),


(1) DFT UK PETRA
(2) DFT UK PETRA
(3) DFT UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam industri fashion, busana merupakan salah satu elemen penting yang menentukan sebagian besar tampilan seseorang. Karena permintaan pasar yang besar mengenai produk fashion, mengakibatkan banyak brand fashion yang membuat produknya dengan harga terjangkau, jumlah berlebihan, dan kualitas kurang baik. Hal tersebut tentunya akan berdampak negatif bagi kehidupan sosial. Di Surabaya sendiri, banyak brand fashion yang kurang perduli akan dampak buruk yang diakibatkan oleh industri ini dengan memproduksi kain perca secara berlebihan tanpa tahu cara pengolahannya. Oleh karena itu, perancangan ini akan berfokus pada pembuatan busana wanita Ready- to-Wear (RTW) dengan kualitas baik dan kuantitas terbatas, melakukan proses upcycle (mendaur ulang) kain sisa produksi lokal brand fashion di surabaya untuk mencapai bentuk yang memiliki gaya feminin dan bergelombang. Perancangan ini menggunakan metode design thinking melalui 6 steps, diawali tahap observe hingga test. Pada bagian test, akan dilakukan dengan membagikan kuisoner kepada masyarakat Surabaya. Hasil dari kuisoner menunjukkan bahwa responden setuju koleksi pakaian memiliki konsep dan tema yang unik, desain dan warna dan yang menarik dan cocok untuk dipakai dalam acara non-formal dengan harga berkisar antara Rp. 1.500.000 sampai Rp. 2.500.000.

 

Keywords


fashion, ready-to-wear, lokal brand, kain perca, upcycle

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Fitri, A. N. G., Nayoan, J. R., Umaroh, C. F., Maharani, D. A., Farhan, F., & Irianti, A. H. S. (2021). Pengembangan Teknik Upcycle pada Proses Modifikasi Busana

Secondhand Menjadi

Produk Berkualitas. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 16(1).

Gaumond, Andrew. (2022). Ultimate Guide to Potentilla Meaning and Symbolism. Petal Republic. https://www.petalrepublic.com/pot entilla-meaning-and-symbolism/

Lusiardi, F. (2019). Design: Recycling vs upcycling. What’ s the difference? Inexhibit.https://www.inexhibit.com/case- studies/design- recycling-vs- upcycling-whats-the- difference

Lazuardi, M. L., & Sukoco, I. (2019). Design Thinking David Kelley & Tim Brown: Otak Dibalik Penciptaan Aplikasi Gojek. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 2 (1), 1–11.

Muhammad, Debrilian. Very. (2018). “Analisis Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Konsumen Terhadap Merek Fast Fashion Di Indonesia.” Jurnal Pemasaran 2 (3).

Rachmat, N. A. (2022). Hukum Pidana Lingkungan di Indonesia

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Ikatan Penulis Mahasiswa Hukum Indonesia Law Journal, 2(2), 188-209.

Revanur, A., Kumar, V., & Sharma, D. (2021, September). Semi- supervised visual representation learning for fashion compatibility. In Proceedings of the 15th ACM Conference on Recommender Systems (pp. 463-4 72).

Singer, R. (2013). Fabric manipulation: 150 creative sewing techniques. David & Charles.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.