PERANCANGAN HEADPIECE DENGAN TEMA FLORAL MENGGUNAKAN BAHAN DASAR KAIN DI SURABAYA

Lauryn Monica Tjiptadi(1*), Purnama Esa Dora Tedjokoesoemo(2), Ajeng Putri Palupi(3),


(1) DFT UK PETRA
(2) DFT UK PETRA
(3) DFT UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Aksesoris memiliki beberapa fungsi dalam industri fashion, termasuk sebagai alat untuk mengekspresikan diri dan memberikan aksen pada sebuah pakaian. Saat ini, headpiece menjadi perhatian khusus di kalangan pecinta fashion. Di Surabaya, para perancang headpiece cenderung mengikuti tren yang sedang populer. Namun hal tersebut menimbulkan kendala seperti kurangnya headpiece dengan suatu tema tertentu yang dirancang berdasarkan suatu konsep. Selain itu, mereka juga cenderung terbatas hanya pada penggunaan bahan logam seperti perak dan tembaga untuk membuat headpiece. Hal ini menyebabkan sulitnya menemukan headpiece dengan tema tertentu berbahan kain. Dengan adanya headpiece tematik berbahan kain, pemakai dapat menciptakan suatu kesan yang jelas dengan busana yang dikenakan. Headpiece dengan tema ini tidak hanya didasarkan pada konsep tertentu, tetapi juga dapat disesuaikan dengan jenis dan warna kain yang dipilih. Dalam penelitian ini, perancang menggunakan Metode Design Thinking dan di hasil akhir wawancara menunjukkan bahwa responden merasa headpiece yang dibuat terlihat mewah, unik, dan sesuai dengan tema yang diangkat. Para responden juga setuju bahwa headpiece tematik berbahan kain ini memiliki nilai jual dengan harga berkisar antara Rp. 700.000 hingga Rp. 2.500.000.

Keywords


Headpiece, Kain, Tematik

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ambrose, G. (2018). The Visual Dictionary of

Fashion Design (1st ed.).

https://doi.org/10.5040/9781474218573

Febrianti, W., Apriyani, D., Lestari, U. (2023).

Kelayakan Hiasan Kepala (Headpiece) dari

Limbah Plastik Jenis Kresek. BEAUTY AND

BEAUTY HEALTH EDUCATION JOURNAL.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/bbhe

(Gabrielli, V., Baghi, I., & Codeluppi, V. (2013).

Consumption practices of fast fashion products:

a consumer-based approach. Journal of Fashion

Marketing and Management: An International

Journal, 17(2), 206–224.).

Houseplant Central. (2023, February 24).

Anemone Flower Meaning and Facts.

https://houseplantcentral.com/language-offlowers/anemone-flowermeaning/#:~:text=The%20primary%20Anemone

%20flower%20meaning,reminder%20to%20enjo

y%20the%20moment

Jennacurcio. (2017, April 17). Chloris | Goddess

of Flowers. Genesee Community College Blog.

https://sunygcc.blog/2017/04/17/chlorisgoddess-of-flowers

Mootee, I. (2013). Design Thinking for strategic

innovation (pp. 1–204)

Oktiani, V. (2020, July 17). Bunga Daffodil, Filosofi

dan Manfaat di Balik Bunga yang Cantik Tapi

Beracun. Wolipop.

https://wolipop.detik.com/home/d

/bunga-daffodil-filosofi-dan-manfaat-dibalik-bunga-yang-cantik-tapi-beracun

Savitri, D. (2023, January 31). Kok Mawar Bisa

Disebut Ratu Bunga? Begini Sejarahnya.

Detikedu.

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d6542474/kok-mawar-bisa-disebut-ratu-bungabegini-sejarahnya/am


Refbacks

  • There are currently no refbacks.