PERANCANGAN CHEONGSAM MODERN DENGAN TEKNIK 3D EMBROIDERY EMBELLISHMENTS

Nathalia Catherina(1*), Purnama Esa Dora Tedjokoesoemo(2), Evania Yessica(3),


(1) DFT UK PETRA
(2) DFT UK PETRA
(3) DFT UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Cheongsam adalah salah satu pakaian adat Tionghoa untuk perempuan yang muncul pada Dinasti Qing. Salah satu elemen yang menonjol pada busana cheongsam adalah embroidery atau bordiran, khususnya pada cheongsam modern. Di Surabaya, cheongsam modern merupakan salah satu tren yang menarik, khususnya dengan variasi warna dan bordiran 2d. Ciri khas cheongsam modern adalah body shape cutting dengan warna-warna netral, dan adjustable sleeve, ekor, hingga roknya. Melalui pengamatan terhadap tren tersebut didapatkan beberapa hasil yaitu cuttingannya yang masih monoton, serta penggunaan bordirannya masih 2d, maka perancangan pada tugas akhir ini mengangkat tema perancangan 3d embroidery embellishments disertai tema hewan pada cheongsam modern untuk memberikan kebaruan pada tren cheongsam di Surabaya. Fokus perancangan pada tugas akhir ini adalah busana couture dan bukan ready-to-wear dengan bahan dasar medium to high. Metode perancangan dalam perancangan ini adalah design thinking dengan 6 tahapan diawali dari observasi hingga test dengan hasil validasi dari wawancara dan untuk konsep final pada Tugas Akhir ini akan menggunakan legenda "White Snake" atau ular putih karena masih belum pernah digunakan di pasar Surabaya dan untuk hasil akhirnya berupa 3 cheongsam modern yang dirancang menggunakan teknik 3d embroidery embellishments.


Keywords


fashion, cheongsam modern, 3d embroidery, 3d embellishment

Full Text:

PDF

References


Cheng, F. K. (2021). The carrier of chinese Cultural and Philosophical Symbols. IAFOR Journal of Arts & Humanities, 8(1), 107-117.

Heroldova, H. (2014). Allure of the body: Chinese Qqipao. Annals of the Naprstek Museum, 35(1), 23-38.

BPS Surabaya. (2020). Proyeksi penduduk kota surabaya (jiwa) 2018-2020. https://surabayakota.bps.go.id/indicator/12/19 7/1/proyeksi-penduduk-kota-surabaya.html


Refbacks

  • There are currently no refbacks.