INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PENDUKUNG KAMPANYE PENTINGNYA LITERASI DIGITAL

CLARISA MICHELLE EUGENIA(1*), ANDRIAN DEKTISA HAGIJANTO(2), MENDY HOSANA MALKISEDEK(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Kemajuan teknologi menghadirkan kemudahan untuk mendapatkan informasi dari berbagai media. Namun, kemudahan tersebut belum diiringi dengan pemahaman akan pentingnya literasi digital dalam mengecek kembali keabsahan kontennya. Hal tersebutlah yang menyebabkan masyarakat dengan mudahnya terpapar dan percaya akan berita yang masih simpang siur kebenarannya. Dalam perancangan ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka sebagai media pengumpulan data. Berdasarkan pengolahan data yang ada, dapat disimpulkan bahwa masyarakat belum menyadari urgensi dari penerapan literasi digital di era modern. Berdasarkan hal tersebut, dibuatlah kampanye sosial dengan judul “CERDIG” sebagai upaya meningkatkan pemahaman generasi Z dan generasi Milenial akan pentingnya literasi digital. Kampanye akan menggunakan media Instagram karena Instagram merupakan media populer yang digemari masyarakat, khususnya generasi Z dan Milenial

Keywords


kampanye sosial; literasi digital; media sosial; jurnalisme warga

Full Text:

PDF

References


Adikara, G.J., Kurnia, N., Adhrianti, L., Astuty, S. Wijayanto, X.A., Setyaningsih, F.D., & Astuti, S.I. (2021). Aman Bermedia Digital. Jakarta: Direktorat Jendral Aplikasi Informatika.

Nasrullah, R., Aditya, W., Satya, T.I. Nento, M.N., Hanifah, N., Miftahussururi, & Akbari, Q.S. (2017). Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Venus, Antar. (2004). Manajemen Kampanye: Paduan Teoritis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung : Simbiosa.

World Bank Indonesia. (2018). Learning More, Growing Faster: Jakarta: World Bank.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.