Perancangan Kampanye Sosial melalui Media Instagram terkait Edukasi Diet Ketogenik untuk Generasi Muda

Michelle Aurellia(1*), Anang Tri Wahyudi(2), Yusuf Hendra Yulianto(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Saat ini ada berbagai macam jenis diet yang dapat dilakukan. Berdasarkan observasi terhadap pengalaman orang di sekitar, masih ada beberapa orang yang salah mengartikan diet dan melakukannya dengan cara yang salah dan ekstrim. Melihat realitas akan kurangnya pengetahuan masyarakat, maka pemberian edukasi akan pentingnya pengetahuan yang benar tentang diet dan cara menerapkan salah satu alternatif diet yang sehat dan benar perlu dilakukan. Upaya pemberian edukasi ini akan dilakukan dalam bentuk kampanye sosial yang akan terfokus pada topik terkait diet ketogenik, dengan nama “Daily Keto”, dan akan disebarkan melalui media sosial Instagram kepada masyarakat Indonesia. Media tersebut dipilih karena Instagram merupakan salah satu media sosial yang populer di kalangan masyarakat, terutama generasi muda, yang efektif untuk dijadikan sarana penyebaran informasi dan edukasi dalam bentuk visual yang menarik dan interaktif. Metode analisis data menggunakan metode 5W+1H terkait topik yang diangkat kepada narasumber dengan rentang usia 18-25 tahun. Melalui kampanye sosial ini, audiens mendapatkan ilmu dan pengetahuan baru melalui konten-konten yang bersifat dapat dipelajari, interaktif, dan dapat disebarkan juga oleh audiens.

Keywords


kampanye sosial; diet ketogenik; media sosial; generasi muda; daily keto

Full Text:

PDF

References


Aisha, M. (2018, 24 Mei). Pengertian Kesehatan Menurut Para Ahli, WHO, dan Depkes. Diakses pada 4 Juni 2021 dari https://jagad.id/pengertian-kesehatan-menurut-paraahli-who-dan-depkes/

Amandani, Purwanti. (2019). Hubungan antara diet ketogenik dengan regulasi emosi pada dewasa awal. (Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung). Diakses pada 6 Juni 2021 dari http://digilib.uinsgd.ac.id/24037/4/4_bab1.pdf

Hu T, Yao L, Reynolds K, et al. (2015, September 17). The Effects of a Low-Carbohydrate Diet vs. a Low-Fat Diet on Novel Cardiovascular Risk Factors: A Randomized Controlled Trial. Nutrients. Diakses pada 22 Juni 2021 dari https://www.mdpi.com/2072-6643/7/9/5377

Noya, A. (2017, 21 November). Diet Keto: Ketahui Manfaat, Cara Menjalani, dan Risikonya. Diakses pada 4 Juni 2021 dari https://www.alodokter.com/diet-keto-ketahuimanfaat-cara-menjalani-dan-risikonya

Paoli, A. (2014, Februari 19). Ketogenic diet for obesity: Friend or foe?. International Journal of Environmental Research and Public Health. Diakses pada 22 Juni 2021 dari https://www.mdpi.com/1660-4601/11/2/2092/htm

Pfau, Michael & Roxanne Parrot. (1993). Persuasive Communication Campaign. Massachusetts: Allyn & Bacon.

Rogers, E.M. & Storey J.D. (1987). Communication Campaign. Dalam C. R. Berger & S.H. Chaffe (Eds.). Handbook of Communication Science. New Burry Park: Sage.

The Nutrition Source. Diet Review: Ketogenic Diet for Weight Loss. Harvard T.H. Chan School of Public Health. Diakses pada 6 Juni 2021 dari https://www.hsph.harvard.edu/nutritionsource/healthy-weight/diet-reviews/ketogenic-diet/

Venus, Antar. (2007). Manajemen Kampanye: Panduan Teoritis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

World Health Organization. (2021, Juni 9). Obesity and overweight. World Health Organization. Diakses pada 22 Juni 2021 dari https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/obesity-and-overweight


Refbacks

  • There are currently no refbacks.