PERBANDINGAN TEORI DAN PRAKTIK PERANCANGAN DESAIN GRAFIS PADA PROYEK INTERNSHIP DI STUDIO GRAFIS

Stefanie Juliana Tjandra(1*), Elisabeth Christine Yuwono(2),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Kurikulum baru, LEAP CII dalam UK.Petra memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan ilmu dalam mata kuliah yang diminati dengan melakukan penerapan secara praktek ke dalam kegiatan internship. Dalam penelitian ini, penulis memilih mata kuliah peminatan packaging dan melakukan kegiatan internship di salah satu studio grafis di Surabaya. Penulis menerapkan perancangan desain grafis yang telah dilakukan di perkuliahan praktek proses perancangan grafis proyek-proyek yang diberikan di studio grafis. Penelitian ini menggunakan metode analisis kualitatif komparatif berdasarkan data yang terkumpul kemudian dijabarkan secara deskriptif dengan membandingkan studi kasus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan teori dan praktik perancangan desain grafis yang telah dipelajari di perkuliahan dengan kegiatan internship secara praktik dalam perancangan desain grafis pada studio grafis. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan terutama bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan ilmu secara praktik di dunia kerja yang lebih riil.


Keywords


Desain Grafis; Sosial Media; Kemasan; Internship

Full Text:

PDF

References


Ibrahim, Alang dkk. (2018). Metodologi penelitian. Cet I; Depok: Gunadarma Ilmu.

Astuti, Novi Fuji. (2020, September 22). 3 Macam desain, lengkap dari fungsi hingga unsur-unsurnya. https://www.merdeka.com/jabar/3-macam-desain-lengkap-dari-fungsi-hingga-unsur-unsurnya-kln.html.

Thabroni, Gamal. (2019, Agustus 20). Pengertian desain (lengkap) berdasarkan pendapat para ahli. https://serupa.id/pengertian-desain/.

Febri, Ramadhan. (2020, Mei 22). Proses awal perancangan desain. https://bpptik.kominfo.go.id/2020/05/22/7840/proses-awal-perancangan-desain/.

Setiawan, Marwan. (2020, Desember 7). Proses perancangan desain grafis. https://marwansetiawan.medium.com/proses-

perancangan-desain-grafis-9452e7b8697e.

Purnomo, Alia Nutrisiany S.T. (2020). Dasar desain grafis untuk SMK/MAK kelas X. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.

Kusnadi. (2018). Dasar desain grafis. Tasikmalaya:Edu Publisher.

Rahardjo, Sudjadi Tjipto. (2019). Desain grafis kemasan UMKM. Sleman: Deepublish.

Tim Dosen Abdimas. (2021). Pengabdian masyarakat dengan UMKM Surabaya berbasis online menggunakan media video conference google meet. Sleman: Deepublish.

Wahyudi, Nanang & Satriyono, Sonny. (2017). Mantra kemasan juara. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Riadi, Muchlisin. (2016, Oktober 29). Pengertian, fungsi, tujuan dan jenis-jenis kemasan. https://www.kajianpustaka.com/2016/10/pengertian-fungsi-tujuan-dan-jenis-kemasan.html.

Saryanto. (2021). Produk kreatif dan kewirausahaan teknik kendaraan ringan SMK/MAK kelas XI. Jakarta: PT Gramedia.

Zaksa, Aan. (2020, November 15). Apa itu video? mengenal pengertian video. https://www.nesabamedia.com/apa-itu-video/.

Danusasmita, Hardi. (2014, September 4) . Apa itu video editing?. https://www.infofotografi.com/blog/2014/09/apa-itu-video-editing/.

Crook, Ian & Beare Peter. (2017). Motion graphics principles and practices from the ground up. London: Bloomsbury.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.