STUDI PERBANDINGAN TEORI DAN PRAKTIK PRODUKSI ANIMASI DI PERUSAHAAN DEUS DIGITAL TRANSFORMASI UNIVERSAL SURABAYA

Destria Chinca Dewi, Aristarchus Pranayama Kuntjara

Abstract


Dunia kerja adalah tahap selanjutnya dalam kehidupan yang harus dilalui oleh mahasiswa setelah menyelesaikan perkuliahan. Tentunya dunia perkuliahan dan dunia kerja adalah dua dunia yang jauh berbeda. Umumnya, perkuliahan seperti Universitas Kristen Petra menyediakan kesempatan untuk membantu transisi mahasiswa dari dunia perkuliahan ke dunia kerja melalui magang. Melalui magang dalam perusahaan desain bernama Deus Digital Transformasi Universal Surabaya, selain berkesempatan merasakan perbedaan mendasar antara dunia kerja dan dunia perkuliahan, ada pula perbedaan antara teori yang diajarkan di bangku perkuliahan dan praktik secara langsung dalam pekerjaan yang diberikan. Studi perbandingan dilakukan dengan menggunakan metode analisis berdasarkan kajian pustaka berupa sumber literatur yang kuat, mulai dari jurnal nasional, jurnal internasional, dan juga buku. Hasil akhir perbandingan menyimpulkan bahwa antara teori dan praktik produksi animasi tidak terlalu berbeda jauh dimana keseluruhan teori saling bersinergi dan saling sambung-menyambung dalam proses pengerjaan proyek.


Keywords


magang; perkuliahan; teori; praktik

Full Text:

PDF

References


Adinda & Adjie (2011). Film animasi 2d berbasis 3d menggunakan teknik cell shading berjudul The Postman Story, 6. Tugas Akhir. Surabaya: Stikom.

Arjanggi, R., & Kusumaningsih, L. P. S. (2016). The correlation between social anxiety and academic adjustment among freshmen. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 219, 104–107. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.04.049

Boatman, A., & Long, B. T. (2016). Does financial aid impact college student engagement?. Research in Higher Education, 57(6), 653-681. https://doi.org/10.1007/s11162-015- 9402-y

Cinemags. (2004). The making of animation: Homeland. Bandung: Megindo Tunggal Sejahtera

Dalsgaard, P. (2014). Pragmatism and design thinking. International Journal of Design, 8(1), 143-155.

Denzin and Lincoln (ed). (1994). Hand book of qualitative research. Sage Publication. Thousand Oaks, London. 1994:236-237

Dirmantoro, M. (2015). Motivasi mahasiswa kuliah sambil bekerja. Disertasi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uinmalang.ac.id/3120/1/11410083.pdf

Felix, T., Marpaung, W., & El Akmal, M. (2019). Peranan kecerdasan emosional pada pemilihan strategi coping pada mahasiswa yang bekerja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 8 (1), 39- 56. https://doi.org/10.30996/persona.v8i1. 2377

Institute of Design, Stanford University. (2009). Bootcamp Bootleg: An introduction to design thinking process guide. hhtp://dschool.stanford.edu/wpcontent/uploads/2011-03/BootcamptBooleg2010v2SLIM.pdf/.

Ismail, Muhammad I. (2012). Pendidikan karakter suatu pendekatan nilai. Makassar: Alauddin University Press.

Lockwood, T. (2009). Design thinking; Integrating innovation, customer experience, and brand value. New York: Allworth Press.

Maestri, & Adindha. (2006). Film animasi 2D berbasis 3D menggunakan teknik cell shading berjudul The Postman Story. Jakarta: Digital Animasi Character.

Owen, M.S., Kavanagh, P.S., & Dollard, M.F. (2018). An integrated model of work-study conflict and work-study facilitation. Journal of Career Development, 45 (5), 504-517. https://doi.org/10.1177%2F0894845317720071.

Purba, Bernadetta P., dkk. (2021). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Remenick, L., & Bergman, M. (2020). Support for working students: Considerations for higher education institutions. The Journal of Continuing Higher Education, 69(2), 1-12. https://doi.org/10.1080/07377363.2020 .1777381

Slameto. (2006). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.