STUDI PERBANDINGAN TEORI DAN PRAKTEK PERANCANGAN UI/UX SAAT INTERNSHIP DI ATDAWN

Michael Bryant Alexandre Wang(1*), Erandaru Erandaru(2),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Di era globalisasi ini, website adalah salah satu platform yang paling sering digunakan pada dunia digital untuk mengenalkan merk kepada masyarakat. Sebagian orang menggunakan website untuk menyampaikan pesan melalui visual dari tampilan website tersebut. Pada dasarnya website dibuat dengan visual yang menarik agar pengunjung website merasa ingin tahu lebih dalam tentang website yang dikunjungi. Akan tetapi, pada jaman sekarang ini banyak desainer UI/UX terutama pada website yang hanya mengunggulkan visual yang menarik disbanding esensi dan tujuan dari pembuatan website itu sendiri. Sehingga pada akhirnya ada beberapa hal yang menyimpang dari beberapa teori yang ada seperti teori UI/UX, elemen desain, dan warna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan perbedaan- perbedaan yang ditemukan saat bekerja di lapangan dengan teori yang diberikan di universitas untuk dijadikan referensi bagi masing- masing pihak kedepannya. Metode penelitian yang digunakan pada studi ini adalah kualitatif komparasi yang dilakukan dengan membandingkan cakupan teori di universitas dengan prakteknya di tempat magang. Oleh karena itu skripsi ini dibuat untuk mengetahui dan membandingkan beberapa aspek yang pada prakteknya terjadi sedikit penyimpangan dari teori yang diberikan pada saat kuliah.

Keywords


UI/UX; website; visual

Full Text:

PDF

References


Ar Razi, A., Rizky Mutiaz, I., & Setiawan, P. (2018). Penerapan Metode Design Thinking pada Model Perancangan UI/UX Aplikasi Penanganan Laporan Kehilangan dan Temuan Barang Tercecer, 3(2).

Chandra Shirvanadi, E., & Idris, M. (2021). Perancangan Ulang UI/UX Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Amikom Center).

Gordon, K. (2021). Using Color to Enhance Your Design. Retrieved 4 June 2022, from https://www.nngroup.com/articles/colorenhance-design/

Irfan. (2015). Perpaduan Elemen-Elemen Desain pada Karya Desain Poster Mahasiswa. Tanra, 2(2).

Lichaj, M., & Pluszczewska, B. Wireframe, Mockup, Prototype - What's the Difference. Retrieved 6 June 2022, from https://brainhub.eu/library/wireframe-mockupprototype/

Plattner, H. (2010). An Introduction to Design Thinking Process Guide,Stanford: Institute of Design at Stanford.

Shanardi Wijaya, A. (2019). User Centered Design. Retrieved 4 June 2022, from https://sis.binus.ac.id/2019/05/31/usercentered-design/

Yudarman, R., Oka Sudana, A., & Made Sri Arsa, D. (2020). Perancangan User Interface dan User Experience SIMRS pada Bagian Layanan. Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, 1(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.