PENGEMBANGAN PRODUK ABON IKAN SEBAGAI PEMBERDAYAAN KEWIRAUSAHAAN DI PANTI ASUHAN TAREKAT MARIA MEDIATRIX SURABAYA

ISABELLA LAURA(1*), VANESSA YUSUF(2), MENDY HOSANA MALKISEDEK(3),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(3) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Masalah ekonomi merupakan salah satu masalah yang sedang dihadapi oleh sebagian besar masyarakat terutama di era pandemi. Salah satu yang sedang menghadapi masalah finansial tersebut ialah Panti Asuhan tarekat Maria Mediatrix (TMM). Panti Asuhan TMM berada di jalan Manukan Kulon, Surabaya Barat. Dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, dana yang tersedia sekarang masih kurang mencukupi. Selama ini Panti Asuhan TMM hanya mengandalkan sumbangan dari para donatur dan dengan menjalankan usaha kecil-kecilan, seperti berjualan abon dan rosario. Namun hasil dari penjualan produk tersebut dirasa masih kurang mencukupi, karena kurangnya dari segi produk itu sendiri hingga srategi promosi yang dirasa kurang efisien. Melihat kondisi tersebut, terdapat peluang untuk mengembangkan produk abon ikan agar dapat menjadi lebih menarik. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif, dimulai dari aspek mendapatkan bahan baku yang terjangkau, mengembangkan produk pendukung abon, desain kemasan yang menarik, hingga cara pemasaran yang baik dan benar. Program ini membutuhkan kerjasama dari anak-anak panti yang bersangkutan dengan memanfaatkan kemampuan yang sudah dimiliki dengan tujuan untuk mengajak mereka ikut berpartisipasi dalam proses pemberdayaan kewirausahaan ini. Hasil dari kegiatan pemberdayaan produk abon dan produk pelengkap abon ini diharapkan dapat menjadi sumber penghasilan tambahan yang akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari- hari seluruh penghuni panti asuhan TMM.


Keywords


Abon ikan; pemberdayaan; kewirausahaan; kualitatif

Full Text:

PDF

References


Manfaat Abon Ikan Untuk Kesehatan. (2022). https://manfaat.co.id/manfaat-abon-ikan

Chris, J. (2022). Shopee [Photograph]. https://shopee.co.id/Toples-KOTAK-200ml- PET-Toples-200ml-Botol-Kotak-200ml- PET-i.284046552.9514147381

Dihni, V. A. Tokopedia, E-commerce dengan pengunjung terbanyak pada 2021. (2022, April 12). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/04/12/tokopedia-e-commerce-dengan- pengunjung-terbanyak-pada-2021

Doe, L. (2019, August 1). Cara Jualan di Shopee Pake Android untuk Pemula [Video]. YouTube. https://www.youtube.com/watch?v=a32FcWLl1q0&t=165s

Heryanto, F. (2018). Perancangan Desain Kemasan dan Media Promosi Abon Ikan Asin UMK Sayu Sejahtera. (Thesis, Petra Christian University). https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/deta il?id=41827

Intip Produk Makanan dan Minuman Paling Laris di Tokopedia selama awal Ramadhan 2022. (2022, April 18). Kompas Online. https://money.kompas.com/read/2022/04/18/ 204000526/intip-produk-makanan-dan- minuman-paling-laris-di-tokopedia-selama- awal

Tanrifaisal, S. (2019). Perancangan Ulang Kemasan Abon Sapi Bu Sarti. (Thesis, Petra Christian University). https://dewey.petra.ac.id/catalog/digital/deta il?id=45495


Refbacks

  • There are currently no refbacks.