PERANCANGAN CONCEPT ART PIXEL ENVIRONMENT BACKGROUND BERDASARKAN TEMA BAROQUE UNTUK VIDEO GAME

Sidney Aurielle(1*), Heru Dwi Waluyanto(2),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Concept Art merupakan salah satu proses paling penting dalam produksi sebuah game. Namun, proses tersebut tidak dapat dilihat oleh konsumen secara luas, sehingga proses mendesain suatu concept art pun juga tidak diketahui luas. Perancangan ini bertujuan untuk melihat perancangan concept art environment background berdasarkan tema baroque dalam bentuk pixel art yang digunakan dalam video game. Data yang diambil berdasarkan dari kerja magang penulis di Engram Interactive. Metode yang digunakan dalam penulisan adalah metode kualitatif dan komparatif, dan metode yang digunakan untuk analisa data teknik analisis kualitatif komparatif. Data yang ditemukan adalah proses perancangan yang mengikuti teori concept art Balleseros, dimulai dari proses design brief, blue sky, hingga proses pembuatan. Pembuatan dimulai dari pengkonsepan ide, sketsa, pelaksanaan, hingga pemolesan hasil akhir. Hasil analisis menunjukkan bahwa perancangan concept art pixel untuk environment background sesuai dengan brief yang diberikan.


Keywords


pixel; pembuatan; concept art; video game; baroque

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1997). Prosedur Penellitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Dailey, L. (2016). "What Happens Before Full-Time Employment? Internships as a Mechanism of Anticipatory Socialization". Western Journal of Communication.

Delhi. (2020). "Seni Renaisans | Pengertian, Ciri-ciri, Gaya, Contoh, & Fakta". Seni Renaisans | Pengertian, Ciri-ciri, Gaya, Contoh, & Fakta.

Pasaribu, M, (2013). "Invention Zaman Barok dan Pengembangan Permainan Piano". Resital: Jurnal Seni Pertunjukan.

Perlin, R. (2013). "Internships". Sociology of Work: An Encyclopedia.

Severson, D.(2020). "Starting Salary for a Concept Artist for Video Games". Hearst Newspapers, LLC.

Sugiyono. (2010). Metode penulisan Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D.

Alfabe


Refbacks

  • There are currently no refbacks.