PERBANDINGAN PROSES PERANCANGAN UI/UX SECARA TEORI DAN PRAKTIK SAAT INTERNSHIP DI EYESIMPLE CREATIVE STUDIO

REGINA DEWI MENTARI MEKARSARI LOMAN(1*), ERANDARU ERANDARU(2),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Internship merupakan salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh mahasiswa untuk memahami dan menganalisis permasalahan di dunia kerja secara teori dan praktik. Biasanya sebagian besar teori yang diajarkan dalam perkuliahan tidak benar-benar sesuai dengan praktik di lapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan teori proses perancangan UI/UX dengan praktik selama internship di Eyesimple Creative Studio. Perusahaan bergerak dalam bidang web and mobile apps developer sehingga sesuai untuk internship dan melakukan penelitian komparatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif dengan analisa perbandingan untuk membandingkan satu proyek dengan proyek lainnya. Metode ini juga membandingkan fakta di lapangan dengan studi pustaka. Secara garis besar, hasil yang didapat adalah praktik proses perancangan UI/UX telah sesuai dengan teori yang diajarkan di universitas.


Keywords


studi banding; ui/ux; situs web; alur kerja; desain

Full Text:

PDF

References


Adani, M.R. (2020, November 2). User Experience (UX): Pengertian, tujuan, metode, dan penerapannya. Pesan disampaikan dalam https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-user- experience/

Aprilia, P. (2020, April 23). Mengenal user interface: Pengertian, kegunaan, dan contohnya. Pesan disampaikan dalam https://www.niagahoster.co.id/blog/user-interface/

Deacon, P.B. (2020). UX and UI strategy: A Step by step guide on UX and UI design. United States of America: (n.p.).

Haekal, M.M. (2020, May 2). User Experience (UX): Pengertian dan tips penerapannya untuk pemula [terlengkap]. Pesan disampaikan dalam https://www.niagahoster.co.id/blog/user-experience- adalah/

Miles, M.B., Huberman, A.M., Saldana, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. United States: SAGE Publications.

Siang, T.Y. (2020). How to change your career from graphic design to UX design. Pesan disampaikan dalam https://www.interaction- design.org/literature/article/how-to-change-your- career-from-graphic-design-to-ux-design.

Sutanto, R.P. (2021). Web design: Introduction to web and user experience research. [Materi Perkuliahan]. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Kristen Petra.

Sutanto, R.P. (2021). Web design: User interface, usability, usability testing. [Materi Perkuliahan]. Program Studi Desain Komunikasi Visual, Universitas Kristen Petra.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.