ANALISA ADVERTISING BRAND SHIPPER DENGAN PENERAPAN TEORI MOOD AND TONE

Jeffrey Hardi Santoso(1*), Ani Wijayanti Suhartono(2),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Setiap visual gambar menunjukan sebuah pesan dan emosi yang bisa dirasakan para penontonnya melalui warna dan komposisinya. Lukisan yang sudah ada sejak 45 ribu tahun lebih ini sudah memiliki mood and tone-nya masing-masing. Penggunaan warna tertentu sebagai visualisasi atmosfir dan suasana sering ditemukan pada lukisan, gambar dan foto sehingga setiap gambar akan terasa bagaimana atmosfir dan suasana yang terjadi seperti bahagia, mencekam atau tegang tergantung warna dari mood and tone yang terpapar. Saat ini mood and tone penting untuk diperhatikan pada gambar yang sekarang sering digunakan sebagai media informasi secara visual. Analisa ini akan dilakukan dengan cara melihat teori mood and tone lalu melihat visual mood and tone yang brand Shipper aplikasikan pada key visual mereka. Kesimpulan yang diambil dari analisa ini yaitu secara alami mood and tone akan selalu ada pada sebuah gambar, tetapi tidak semua mood and tone yang dihasilkan secara alami bisa memberikan pesannya secara maksimal tanpa penggunaan visualisasi seniman dibalik gambar tersebut. Penciptaan mood and tone yang tepat sering dihiraukan oleh para seniman karena hanya dianggap sebagai tambahan estetika saja, tidak memahami bagaimana mood and tone bisa berpengaruh baik secara penyampaian pesan kepada penontonnya maupun estetika karya akhirnya.

Keywords


mood and tone; gambar; visualisasi; estetika

Full Text:

PDF

References


Michigan University. (2021). All About Images. Retrieved from https://guides.lib.umich.edu/c.php?g=282942&p=1885352

Przyblyek S. (2021). Understanding Visual Art:Identifying Theme, Mood & Tone. Retrieved from https://study.com/academy/lesson/

understanding-visual-art-identifying-theme-mood-tone.html

ArtyFactory. (n.d.). The Visual Elements - Tone. Retrieved from https://www.artyfactory.com/art_appreciation/visual-elements/tone.html

Katyusha W. (2021). Psikologi Warna, Mempelajari Pengaruh Warna Terhadap Emosi Manusia. Retrieved from https://hellosehat.com/mental/psikologi-warna/

Milam S. (n.d.). How Color Sets the Mood in Photography. Retrieved from https://www.pexels.com/blog/resource/color-photography-mood/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.