Perancangan Promosi Plastikpedia Melalui Instagram CV. Rumah Plastik, Surabaya

Christopher Kevin Anindito, Bing Bedjo Tanudjaja, Daniel Kurniawan Salamoon

Abstract


CV. Rumah Plastik, Surabaya merupakan badan usaha yang menyediakan berbagai macam produk dan melayani kostumisasi kemasan dari plastik. Berdiri sejak tahun 2010, CV. Rumah Plastik, Surabaya memiliki citra badan usaha yang baik di wilayah Surabaya di bidangnya. Meskipun demikian, seringkali CV. Rumah Plastik, Surabaya memiliki kendala dalam menangani konsumen – konsumennya secara offline. Seperti terbatasnya waktu dalam pelayanan, edukasi terhadap produk yang berulang ke konsumen, dan konsultasi dalam pembelian sesuai dengan kebutuhan konsumen. Sejatinya CV. Rumah Plastik, Surabaya sudah melakukan inovasi untuk menanggulangi permasalahan tersebut dengan menciptakan website untuk konsumen dalam bertransaksi secara online, yaitu Plastikpedia. Plastikpedia sendiri hadir untuk konsumen CV. Rumah Plastik, Surabaya di tahun 2018. Namun keberadaan website Plastikpedia ini masih sangat asing bagi konsumen CV. Rumah Plastik, Surabaya dikarenakan promosinya masih dari mulut ke mulut. Hal ini menyebabkan hampir tidak adanya transaksi di website Plastikpedia selama kurun waktu tiga tahun belakangan ini. Upaya yang harus dilakukan agar website Plastikpedia kembali beroperasi adalah dengan melakukan promosi yang efektif dan menarik di media sosial Instagram CV. Rumah Plastik, Surabaya. Dengan dibuatnya perancangan promosi dengan metode analisis 5W+1H ini diharapkan meningkatkan awareness konsumen terhadap keberadaan website Plastikpedia sebagai wadah bertansaksi di CV. Rumah Plastik, Surabaya secara online.

Keywords


Promosi; Plastikpedia; CV. Rumah Plastik,Surabaya; Instagram; awareness

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. A. (1996). Managing brand equity. New York: The Free Press, 1991. Building strong brands. New York: The Free Press.

Boyd, Happer W, Walker, Orville C, dan Larreche, Jean-Claude. (2000). Manajemen pemasaran suatu pendekatan strategi dengan orientasi global (Iman Nurmawan Trans).

Duncan, Tom. Principles of Advertising and IMC. Boston, MA: McGraw-Hill/Irwin, 2005

Ibeng, P. (2020). Definisi promosi Pendidikan

Kartajaya, H. (2004). Hermawan kartajaya on board : Seri 9 elemen marketing.Bandung: Mizan Media Utama

Kismono, G. (2001). Pengantar bisnis, (Edisi 1). Yogyakarta BPFE

Lifia.(2019, Agustus). Merancang Strategi Media Sosial.

Marpaung, G.S., dan Widiaji. (2009). Raup Rupiah dari Sampah Plastik. Pustaka Bina Swadaya. Jakarta.

Muzellec, Laurent, Manus Doogan, dan Mary Lambkin. “Corporate Rebranding An Exploratory Review.” Irish Marketing Review vol.16.2 (2003):31.

Santhi, D. (2016, April). Plastik sebagai kemasan makanan dan minuman.

Swasta, Busu dan Irawan (1997) Manajemen pemasaran modern. Yogyakarta Liberty.

Tjiptono, F. (2005). Brand management and strategy. Yogyakarta: Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.