ANALISIS PENERAPAN TEORI PSIKOLOGI DESAIN PADA INSTAGRAM LAWLAWLAND.ID

Kezia Rinaldi, Listia Natadjaja

Abstract


Di era digital yang semuanya serba online ini hampir sebagian besar orang memiliki akun media sosial dan hampir setiap hari menggunakan sosial media. Biasanya instagram digunakan sebagai sarana hiburan saja tetapi secara tidak langsung para creator, menyelipkan beberapa ilmu pengetahuan, pesan dan juga banyak hal yang dapat dipelajari oleh pengguna instagram. Selain itu juga banyak konten yang memiliki warna dan juga layout yang menarik agar banyak orang yang tertarik dengan konten tersebut. User instagram yang menarik perhatian penulis, Lawlawland.id merupakan sebuah akun instagram edukasi mengenai hukum yang dikemas secara menarik, fun dan juga colorful yang sangat berbanding terbalik dengan image hukum pada umumnya. Pada penelitian ini data didapatkan dengan cara wawancara dan observasi. Desain feeds instagram lawlawland.id ini desainer menggunakan teori psikologi desain khususnya teori warna untuk lebih menarik perhatian audiens. Pentingnya mengerti teori warna ini bertujuan untuk menyenangkan para penikmat desain untuk membaca dan memahami sebuah informasi penting. Tujuan dilakukannya penelitian ini agar mengetahui penerapan psikologi desain apa saja yang terkandung dalam instagram lawlawland.id dan juga pendapat dari sisi desainer, klien dan juga audiens.

Keywords


Media sosial, Instagram, Teori Psikologi Design, Teori Warna

Full Text:

PDF

References


Accurate.id (2021, 31 Agustus) “Social Media

Management: Pengertian dan Pentingnya dalam

Bisnis”. Di akses pada 3 Juni 2022, dari

https://accurate.id/digital-marketing/social-media-m

anagement/

Databoks.katadata.co.id (2021, 1 September).

“Masyarakat Indonesia Paling Banyak Akses

Youtube Pada Semester I 2021” Diakses pada 20

Mei 2022, dari

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/

/masyarakat-indonesia-paling-banyak-akses-youtu

bepada-semester-i-2021

Fairus, Fairus (2020). “Analisis Pengendalian

Internal Atas Sistem dan Prosedur Penggajian

Dalam Usaha Mendukung Efisiensi Biaya Tenaga

Kerja pada PT Pancaran Samudera Transport

Jakarta””. Diakes dari

http://repository.stei.ac.id/2172/4/BAB%20III.

Teresiana,A. (2018). Metode Penelitian. Yogyakarta

Machung.ac.id/ (2022,25 Mei) “10 Makna Warna

Berdasarkan Psikologi dalam Desain” Diakses pada

Juni 2022 Diakses dari

https://machung.ac.id/artikel-prodi-dkv/makna-10-w

arna-berdasarkan-pskologi-dalam-desain/

Medium.muz.li/ (2018, 16 Januari). “Gestalt

Principle in UI Design”. Diakses pada 21 April

, dari

https://medium.muz.li/gestalt-principles-in-ui-design

-6b75a41e9965

“Warna Teori dan kreativitas penggunaannya”

Sulasmi Darmaprawira W.A (W.A, 2002)

Waheedbaly.com (2022,15 Mei) “Pengertian

Warna”. Diakses pada 20 Mei 2022. Diakses dari

https://waheedbaly.com/pengertian-warna/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.