PENERAPAN METODE LEAN UX DAN DESIGN SPRINT PADA PEMBUATAN DAN PENGEMBANGAN APLIKASI ARYANNA

Jennifer Jocelyn(1*), Ryan Pratama Sutanto(2),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Seiring perkembangan zaman, persaingan bisnis menjadi semakin ketat. Hal ini disebabkan oleh berkembangnya teknologi dan ekonomi yang kemudian menyebabkan semakin banyak bermunculan berbagai perusahaan startup. Maka, untuk bertahan, bisnis-bisnis baru tersebut harus mampu menghasilkan produk yang terbaik, namun dengan biaya sekecil mungkin, dan waktu sesingkat mungkin.Untuk mengatasi masalah ini, Lean UX menjadi metode yang cukup populer di kalangan startup. Pada PT. Inovasi Realita Nusantara, telah diterapkan metode Lean UX untuk pembuatan dan pengembangan aplikasi Aryanna. Hal ini dilakukan karena penggunaan Lean UX menghemat waktu dan biaya. Maka dari itu, proses desain UI/UX dipersingkat dan menjadi lebih efisien sehingga perusahaan startup juga dapat ikut bersaing. Setelah menggunakan metode Lean UX dan melaksanakan revisi 2 kali, 90% dari user yang berpartisipasi dalam testing berpendapat bahwa Aplikasi Aryanna sudah memiliki tingkat usabilitas yang baik.

Keywords


Lean UX; UI/UX Design; Design Sprint

Full Text:

PDF

References


Aarlien, D., & Colomo-Palacios, R. (2020). Lean UX: A systematic literature review. Computational Science and Its Applications – ICCSA 2020, 500–510. https://doi.org/10.1007/978-3-030-58817-5_37

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam berbagai Disiplin Ilmu. PT RajaGrafindo Persada.

Babich, N. (2020, November 24). The UX Design Process: Everything You Need to Know. Retrieved December 10, 2021, from https://xd.adobe.com/ideas/guides/ux-design-process-steps/

Bird, J. (2019, June 15). Implementing Lean UX in the Real World. Retrieved 11 May, 2022, from https://jeremybird276.medium.com/implementing-lean-ux-in-the-real-world-8aa7ca880e54

Brown, T., & Wyatt, J. (2009). Design Thinking for Social Innovation. Stanford Social Innovation Review, 8(1), 31–35. https://doi.org/10.48558/58Z7-3J85

Dawes, A. (2010). Mastering the user interface. Windows Mobile Game Development, 29-47. doi:10.1007/978-1-4302-2929-2_2

Ghani, S. (2022, March 30). The five design sprint phases for start-ups. Windmill. Retrieved May 18, 2022, from https://www.windmill.digital/blog/the-five-design-sprint-phases-for-start-ups/

Google. (n.d.). Share and engage with the design sprint community. Google. Retrieved May 18, 2022, from https://designsprintkit.withgoogle.com/methodology/phase3-sketch/crazy-8s

Gothelf, J., & Seiden, J. (2021). Lean UX: Creating great products with agile teams. O'Reilly.

Hartson, R., & Pyla, P. (2019). What are UX and UX design? The UX Book, 3-25. doi:10.1016/b978-0-12-805342-3.00001-1

Heuiseok L. (2016). Introduction to an intelligent UI/UX for aging people. 2016 2nd International Conference on Science in Information Technology (ICSITech). doi:10.1109/icsitech.2016.7852594

Knapp, J., Zeratsky, J., Kowitz, B. (2016). Sprint: How to Solve Big Problems and Test New Ideas in Just Five Days. United Kingdom: Transworld.

Sheikh, M. (2021, August 5). 12 brand archetypes by Carl Jung (& how to use them). Visme Blog. Retrieved May 30, 2022, from https://visme.co/blog/brand-archetypes/

Strauss, A. L., & Corbin, J. (2008). Basics of qualitative research. SAGE Publications.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. CV Alfabeta.

Tran, T. H. (2019, September 6). A beginner’s guide to Lean UX (+ 5 lessons from Jeff Gothelf). Retrieved 12 May, 2022, from https://www.invisionapp.com/inside-design/lean-ux/

Unique selling proposition (USP) - entrepreneur small business encyclopedia. Entrepreneur. (n.d.). Retrieved May 30, 2022, from https://www.entrepreneur.com/encyclopedia/unique-selling-proposition-usp

Reinecke, K., & Bernstein, A. (2011). Improving performance, perceived usability, and aesthetics with culturally adaptive user interfaces. ACM Transactions on Computer-Human Interaction (TOCHI), 18(2), 1-29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.