PENGARUH VISUAL BRAND IDENTITY DALAM KONTEN PROMOSI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM MARUGAME UDON TERHADAP AUDIENS

Kaylene A. Yapto(1*), Vanessa Yusuf(2),


(1) UK PETRA
(2) UK PETRA
(*) Corresponding Author

Abstract


Dalam era modern ini, media sosial merupakan platform/wadah digital yang sering digunakan untuk melakukan advertising sebuah produk/jasa. Dalam hal ini, sebuah brand membutuhkan Visual Brand Identity (VBI) yang kuat agar brand dapat mudah diidentifikasi konsumen. Namun, banyak kesalahpahaman terjadi dalam pembuatan sebuah VBI, karena kurang pemahaman pengaruh pembuatan VBI terhadap respon konsumen. Maka dari itu, studi mendekati permasalahan dengan VBI sebagai tertium quid yang bertujuan agar representasi visual brand harus mempertahankan kekonsistenan agar dapat selalu diidentifikasi oleh konsumen yang menjumpai iklan brand. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara menentukan dan mengaplikasikan VBI pada media sosial brand Marugame Udon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode komparatif kualitatif dengan melakukan observasi, pengumpulan data, analisis data, dan studi karya ilmiah. Hasil dari pengolahan data, terdapat 2 hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan dan membuat VBI yang berpengaruh terhadap respon audiens. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah dengan mengetahui dasar untuk membuat VBI yang kuat dan benar, bermanfaat untuk menciptakan respons positif dari konsumen.


Keywords


Visual Brand Identity, Elemen Visual, Identitas Brand, Representasi Brand

Full Text:

PDF

References


Alselm, K.J., & Kostelijk, E. (2008). Identity based marketing: A new balanced marketing paradifm. European Journal of Marketing, 42, 907-914.

Keller, K.L. (2003). Brand synthesis: The multidimensionality of brand knowledfe. Journal of Consumer Research, 29, 595-600.

Phillips, B. J., McQuarrie, E. F., & Griffin, W. G. (2014). How Visual Brand Identity Shapes Consumer Response. Psychology and Marketing 31. Diunduh Maret 2014 dari https://www.researchgate.net/publication/260411249_How_Visual_Brand_Identity_Shapes_Consumer_Response

Phillips, B. J., McQuarrie, E. F., & Griffin, W. G. (2014). The Face of the Brand: How Art Directors Understand Visual Brand Identity. Journal of Advertising 43. Diunduh Oktober 2014 dari https://www.researchgate.net/publication/280026869_The_Face_of_the_Brand_How_Art_Directors_Understand_Visual_Brand_Identity

Kusumastuti, A. & Khoiron, A.M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo.

Jessica, C. (2021). Siap menjadi art director? apa saja tugas dan tanggung jawabnya?. Glints. Diunduh 27 2021 dari https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-art-director/#.YbRbKy8Rq00

Fatmawati, E. (2013). Studi komparatif kecepatan temu kembali infornmasi di depo arsip koran surara merdeka antara sistem simpan manual dengan foto repro. Undergraduate thesis, Jurusan Ilmu Perpustakaan. Universitas Dipononegoro, Semarang. Diunduh 25 November 2013 dari

http://eprints.undip.ac.id/40650/3/BAB_III.pdf

Liz. (n.d.). The vintage advertising for Campbell's Soup company. The Vintage Inn. https://www.vintageinn.ca/2021/06/the-vintage-advertising-for-campbells-soup-company/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.