PERANCANGAN REPOSITIONING BRAND TIRE STRIKE

Andre Kurnia Adhitama(1*), Merry Sylvia(2), Deddi Duto Hartanto(3),


(1) UK Petra
(2) UK Petra
(3) UK Petra
(*) Corresponding Author

Abstract


Tire Strike adalah bisnis stratup yang menawarkan produk stiker ban dan telah berdiri sejak tahun 2017. Pada tahun tersebut, Tire Strike memasarkan produknya melalui Instagram dan Facebook, serta menggunakan website sebagai landing page. Namun, Tire Strike sempat mengalami mengalami vakum selama beberapa bulan. Pada tahun 2021, Tire Strike ingin melanjutkan kembali bisnisnya, sehingga diperlukan strategi yang baru dengan membuat positioning yang baru dengan tujuan/capaian membangun brand awareness Tire Strike. Proses repositioning ini dilakukan dengan menggunakan metode analisa kualitatif deskriptif yang mencakup analisis terhadap target audience, persona audience, marketing mix 4P, SWOT, analisis kompetitor, diferensiasi, USP, brand personality, value, consumer insight, brand essence, preposisi, positioning baru (repositioning), dan big idea (what to say dan how to say). Repositioning yang didapatkan menunjukkan bahwa Tire Strike merupakan stiker ban premium (produk stiker ban lebih awet dari gesekan dan tidak mudah terbakar saat terkena panas/matahari). Hasil dari repositioning tersebut diterapkan pada perancangan strategi media dan promosi, serta pembuatan konten Instagram dan Facebook. Strategi promosi dalam perancangan tersebut meliputi strategi jangka pendek dan jangka panjang dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness di Indonesia maupun luar negeri.

Keywords


stiker ban; komunitas; harga diri; otomotif; promosi

Full Text:

PDF

References


Assael, H. (1985). Consumer behavior: A strategic approach. Cengage Learning. https://www.researchgate.net/publication/320041799_Model_of_Consumer_Behavior

Hasil sensus bps: Jumlah kendaraan bermotor di indonesia tembus 133 juta unit. (2021, February). Gaikindo. https://www.gaikindo.or.id/data-bps-jumlah-kendaraan-bermotor-di-indonesia-tembus-133-juta-unit/

Kasilo, Djito. (2008). Komunikasi cinta: Menembus g-spot konsumen indonesia (Rev. ed.). PT. Gramedia

Kartajaya, Hermawan. (2004). Positioning, differentiation, brand. (Rev. ed.). Gramedia Pustaka Utama.

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2018). Jadi prioritas indutri 4.0, lima sektor ini berkontribusi 60 persen untuk pdb. https://kemenperin.go.id/artikel/19231/Jadi- Prioritas-Indutri-4.0,-Lima-Sektor-Ini-Berkontribusi-60-Persen-untuk-PDB

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. (2012). Principles of marketing. (Rev. 14th ed.). Prentice Hall International Inc.

Kotler & Keller. Manajemen pemasaran. (Rev. ed.). (2012). Erlangga

Kotler, P. & Keller, K.L. Marketing management (12th ed.). (2006). Pearson Education.

Maslow, A. H. (1943). A theory of human motivation. Psychological Review, pp. 370-396.

Mowen, CJ. & Miror, M. (2005). Perilaku konsumen (2nd ed.). Erlangga, Jakarta.

Syarif, S. & Mundir, F. (2008). Pengaruh diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian flashdisk kingston. Strategic Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis. https://doi.org/10.17509/strategic.v8i2.1026


Refbacks

  • There are currently no refbacks.